PENDAMPINGAN DIGITAL MARKETING VIA MARKETPLACE DAN SOCIAL MEDIA PRODUK UMKM BOYOLALI

Dewi Anggraeni, Ari Sriyanto Nugroho, Agus Rochadi, Amin Suharjono, Arif Nursyahid, Budi Basuki Subagio, Eko Supriyanto, Helmy Helmy

Abstract


Desa Butuh adalah salah satu desa di kecamatan Mojosongo kota Boyolali. Desa ini
memiliki luas wilayah ± 152 Ha dan berpenduduk 2700 jiwa dengan 900 KK. Desa Butuh
merupakan pengepul pepaya terbesar di Surakarta serta penghasil singkong dengan kualitas
yang bagus. Selain sebagai zona industry, kegiatan yang telah berkembang di Desa Butuh
antara lain kerajinan home industry boneka kain dan katering. Di sektor peternakan, desa
Butuh dikenal salah satu penghasil susu sapi terbaik. Permasalahan utama yang dihadapi
UMKM desa Butuh terutama di masa pandemi seperti sekarang adalah keterbatasan dalam
hal pemasaran produk-produk UMKM. Sebelum pandemi desa Butuh yang merupakan
rintisan desa wisata masyarakat dapat memasarkan produknya dengan cara konvensional
dimana pembeli dapat datang langsung ke penyedia produk. Namun selama pandemi cara
tersebut kurang efektif karena adanya batasan-batasan dari pemerintah agar angka Covid
tidak melonjak. Dalam pengabdian ini dilakukan pelatihan kepada UMKM Desa Butuh
berupa digital marketing melalui media sosial dan market place. Dengan selesainya
pendampingan ini diharapkan akan memudahkan UMKM Desa Butuh untuk menjual
produk mereka secara online dan mendekatkan penjual dengan pembeli produk sehingga
pada akhirnya dapat meningkatkan penghasilan masyarakat melalui penggunaan teknologi
yang tepat.


Keywords


digital marketing, social media, market place

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.