PEMBERDAYAAN KELOMPOK BATIK GESING TEMANGGUNG DALAM MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN ANGGOTA

Mardinawati Mardinawati, Rani Raharjanti, Sandi Supaya, Afiat Sadida

Abstract


Mitra pada Program Pengabdian Masyarakat ini adalah Kelompok Batik Gesing Temanggung. Tujuanprogram pengabdian adalah untuk meningkatkan ketrampilan membatik, meningkatkan jumlah produksidan kualitas produk batik tulis, meningkatkan omset penjualan, meningkatkan pendapatan anggotakelompok batik, meningkatkan ketrampilan menyusun Harga Pokok Produksi (HPP). Kelompok Batik
Gesing merupakan kumpulan Ibu-ibu yang tidak mempunyai kegiatan pokok secara rutin sehinggakeinginan membuat kegiatan membatik. Produk yang dihasilkan adalah batik tulis. Permasalahan padaKelompok Batik Gesing adalah belum memiliki kompor batik yang dapat mencukupi untuk semuaanggota, sehingga anggota terkendala dalam proses membatik, belum mampu menggitung laporan HargaPokok Produksi (HPP), sehingga dalam menentukan harja jual belum didasarkan dari hasil besarnya HPP.
Dari permasalahan tersebut solusi adalah penambahan kompor batik elektrik, pelatihan dan praktekmembatik, pelatihan dan praktek menyusun HPP. Melalui penambahan alat kompor batik elektriksebanyak 4 unit maka anggota tidak harus menunggu berkumpul di satu desa untuk menyanting, sehinggajumlah produksi dapat meningkat. Melalui kegiatan ini kelompok dapat meningkatkan kualitas hasil kainbatik tulis dan meningkat jumlah produksi sebanyak 10%, sehingga dapat meningkatkan omset penjualan.Melalui kegiatan dan pendampingan maka kelompok sudah dapat menyusun Harga Pokok Produksi kainbatik.



Keywords


Keyword: Batik Tulis, Gesing, HPP, penjualan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.