IMPLEMENTASI APE INOVATIF DAN PTK MELALUI PERAN INTERNET CENTER PADA PAUD AL-KAMILAH SEMARANG

Inayah Inayah, Iwan Hermawan, Sri Eka Sadriatwati, Dody Setyadi, Febrina Indrasari, Ardianita Nur Indah Sari

Abstract


Membangun pembelajaran inovatif yang edutainment merupakan aspek krusial yang melekat
pada peran guru khususnya guru PAUD yang memiliki peran penting pendidikan informal
untuk mengedukasi anak dalam masa tumbuh kembang atau golden age. Pembelajaran
inovatif membutuhkan dukungan alat peraga edukatif (APE) dalam rangka mengembangkan
induksi materi pembelajaran kognitif maupun aspek afektif agar terbangun simulasi
pengalaman dalam interaksi siswa terhadap lingkungannya. Inovasi pembelajaran
membutuhkan dukungan media internet dalam rangka mencari material pembelajaran,
mensimulasi tema belajar, serta mendistribusikan materi ajar. Media internet semakin kuat
peranannya di masa pandemi untuk memberikan dukungan secara daring. Permasalahan yang
menonjol pada mitra adalah berkaitan dengan(a) keterbatasan akses internet yang digunakan
untuk membangun desain APE dalam rangka mengembangkan instruksi pembelajaran
inovatif, (b) kurangnya APE yang digunakan untuk praktek pengajaran seperti halnya
pendidikan karakter dan sentra kognitif, (c) kebutuhan pengembangan kualitas guru sebagai
pengajar melalui implementasi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) saat ini belum banyak
dipahami oleh guru PAUD Al-Kamilah. Arahan program ini adalah mendirikan internet
center, sehingga berdampak pada peningkatan pengetahuan dan keterampilan guru melalui
pembelajaran yang inovatif seperti desain alat peraga. Upaya ini telah meningkatkan kualitas
suasana belajar yang dipadukan dengan PTK.


Keywords


Budi Pekerti, Pendidikan Karakter, Teknologi Pendidikan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.