PELATIHAN DIGITAL MARKETING PADA UKM MAKMUR ABADI/ OMAH KOPI TARIK TUNTANG DI KECAMATAN TUNTANG KABUPATEN SEMARANG

Mardiyono Mardiyono, Kurnianingsih Kurnianingsih, Wiktasari Wiktasari, Nurseno Bayu Aji

Abstract


Mitra yang menjadi target dari program kegiatan pengabdian masyarakat terapan pratama ini
adalah UKM Makmur Abadi/ Omah Kopi Tarik yang terletak di Jl Pesantren 1 RT 03 RW
02 Gading Tuntang Kota Salatiga Kabupaten Semarang. UKM Makmur Abadi/ Omah Kopi
Tarik yang membuat olahan bubuk kopi dan stik kopi serta beberapa produk olahan berupa
kerupuk aneka rasa, aneka tumpi sayuran dan olahan daun eceng gondok. Produk olahan kopi
dipasarkan di tempat penjualan oleh-oleh Kampung Kopi Banaran yang berada di Kecamatan
Tuntang. Dalam perkembangannya, UKM ini masih melakukan pemasaran secara offline
sehingga pemasaran masih terbatas pada area-area tertentu oleh karena itu dibutuhkan media
online yang membantu dalam pemasaran produk. Dalam menghasilkan produk utama dari
olahan bubuk kopi yaitu stik kopi diperlukan sebuah alat berupa gilingan stik. Gilingan stik
adalah alat untuk membuat lempengan stik setelah adonan dibuat setelah itu dibentuk menjadi
stik panjang disebut chestik. Dalam penggunaan alat selama ini UKM meminjam alat
gilingan stik dari teman, yang mana alat tersebut akan digunakan ketika menjelang hari raya
sehingga UKM merasa kesulitan melakukan produksi pada masa-masa tersebut. Berikut
merupakan alat yang dibutuhkan oleh UKM berupa alat gilingan stik.


Keywords


Pemasaran Online, Web

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.