SEGMENTASI PASAR UNIVERSITAS TERBUKA (UT) DI SULAWESI SELATAN

Abdul Rahman Rahim, Hasanuddin Hasanuddin, Syafiuddin Syafiuddin

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengidentifikasi segmen pasar, menganalisis target, dan
posisioning Universitas Terbuka (UT) dan menentukan strategi dan imlementasi guna
meningkatkan jumlah mahasiswa. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini adalah
metode survei, pengumpulan data dengan menggunakan kusioner dan wawancara. Data
yang terkumpul dianalisis dengan analisis deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa
pendaftar didominasi umur 21-50 tahun, pekerjaan di sektor informal, berpendapatan
kurang dari 5 juta rupiah, dan berasal dari semua daerah. Umumnya pendaftar mengenal
UT lenih jauh setelah mereka telah menjadi mahasiswa UT. Media yang paling besar
sumbangannya dalam mempromosikan UT adalah teman, keluarga, pimpinan tempat
mereka bekerja, dan hanya 14% yang mengenal UT dari TV atau media sosial lainnya.
Pertimbangan utama untuk mendaftar di UT adalah karena faktor biaya kuliah yang relatif
murah, walaupun ada pula yang masih menganggap biaya kuliah masih mahal namun tetap
terjangkau.


Keywords


Segmentasi Pasar, Strategy Pemasaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.