PERSEPSI KEMUDAHAN PENGGUNAAN DAN KEGUNAAN PADA KEBERHASILAN RESPON LAYANAN DOKUMEN KARANTINA IMPOR

Authors

  • Dewi Wulandari
  • Yusmar Ardhi Hidayat
  • Andi Setiawan
  • Achmad Zaenuddin
  • Suwardi Suwardi
  • Kurniani Kurniani
  • Febrina Indrasari

Keywords:

persepsi kemudahan penggunaan, persepsi kegunaan, keberhasilan respon, import clearance, SSM-QC

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran persepsi kemudahan penggunaan dan
kegunaan dalam mempengaruhi keberhasilan respon layanan dokumen impor. Penelitian ini
menggunakan Partial Least Square Structural Equation Model (PLS-SEM). Data primer
yang digunakan dalam penelitian ini dikumpulkan dari kuesioner. Jumlah responden
sebanyak 96 Perusahaan Pengurusan Jasa Kepabeanan (PPJK) yang mengajukan
permohonan inspeksi bersama Balai Karantina Pertanian Kelas 1 Semarang dan Bea Cukai.
Hasil penelitian menunjukan bahwa persepsi kemudahan penggunaan dan kegunaan
berpengaruh positif terhadap keberhasilan respon layanan dokumen impor. Single Sub
Mission Quarantine Customs (SSM QC) meningkatkan efektivitas respons dokumen izin
impor yang diserahkan ke sistem dengan meminimalkan kegagalan dalam mengunggah
dokumen yang diperlukan. Akibatnya, respons yang berhasil membantu izin impor dan
mengurangi waktu tunggu.

Author Biographies

Dewi Wulandari

Yusmar Ardhi Hidayat

Andi Setiawan

Achmad Zaenuddin

Suwardi Suwardi

Kurniani Kurniani

Febrina Indrasari

Downloads

Published

2023-05-01