EFEKTIVITAS HYBRID/BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH PRAKTEK
Keywords:
Mahasiswa, Matakuliah Praktek, hybrid/Blended Learning, Efektivitas, Hasil BelajarAbstract
Hasil studi yang dilakukan oleh Bank Dunia atau World Bank, ditemukan sistem kualitas
pendidikan di 70 negara mengalami penurunan dampak penutupan sekolah akibat pandemi
Covid-19. Politeknik Negeri Semarang, telah menetapkan bahwa pembelajaran praktek di
laboratorium/bengkel/studio dapat dilaksanakan secara tatap muka terbatas/luring (offline)
dengan membatasi penggunaan ruangan maksimal 50%. Permasalahan penelitian ini ialah
“Bagaimana Pengaruh Efektivitas Hybrid/Blended Learning terhadap Hasil Belajar
Mahasiswa dalam mata kuliah praktik dasar-dasar pengetikan Jurusan Administrasi Bisnis
Politeknik Negeri Semarang”. Tujuan dari penelitian ini adalah pengembangan model
integrasi konseptual
Efektivitas Hybrid/Blended Learning, Hasil belajar Mahasiswa.
Jumlah sampel penelitian ini yaitu 89 responden. Metode pengumpulan data dari
responden/sumber data primer dengan cara mengajukan daftar pertanyaan secara
tertulis/angket. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Efektivitas Hybrid/Blended
Learning memiliki nilai t hitung sebesar 2,599 > t tabel 1,666 dengan nilai signifikansi
0,011 < 0,05. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat diperoleh
kesimpulan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Efektivitas Hybrid/Blended
Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa.
Kata Kunci: