EFEKTIVITAS HYBRID/BLENDED LEARNING TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PADA MATAKULIAH PRAKTEK

Sri Eka Sadriatwati, Mellasanti Ayuwardani, Rara Ririn Budi Utaminingtyas, Rustono Rustono

Abstract


Hasil studi yang dilakukan oleh Bank Dunia atau World Bank, ditemukan sistem kualitas
pendidikan di 70 negara mengalami penurunan dampak penutupan sekolah akibat pandemi
Covid-19. Politeknik Negeri Semarang, telah menetapkan bahwa pembelajaran praktek di
laboratorium/bengkel/studio dapat dilaksanakan secara tatap muka terbatas/luring (offline)
dengan membatasi penggunaan ruangan maksimal 50%. Permasalahan penelitian ini ialah
“Bagaimana Pengaruh Efektivitas Hybrid/Blended Learning terhadap Hasil Belajar
Mahasiswa dalam mata kuliah praktik dasar-dasar pengetikan Jurusan Administrasi Bisnis
Politeknik Negeri Semarang”. Tujuan dari penelitian ini adalah pengembangan model
integrasi konseptual

Efektivitas Hybrid/Blended Learning, Hasil belajar Mahasiswa.
Jumlah sampel penelitian ini yaitu 89 responden. Metode pengumpulan data dari
responden/sumber data primer dengan cara mengajukan daftar pertanyaan secara
tertulis/angket. Hasil uji t menunjukkan bahwa variabel Efektivitas Hybrid/Blended
Learning memiliki nilai t hitung sebesar 2,599 > t tabel 1,666 dengan nilai signifikansi
0,011 < 0,05. Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan maka dapat diperoleh
kesimpulan terdapat pengaruh positif dan signifikan antara Efektivitas Hybrid/Blended
Learning terhadap Hasil Belajar Mahasiswa.

Kata Kunci:


Keywords


Mahasiswa, Matakuliah Praktek, hybrid/Blended Learning, Efektivitas, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.