PENGARUH PEMBELAJARAN JARAK JAUH DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP KEPUASAN BELAJAR MAHASISWA

Rudi Handoyono, Lilis Mardiana, Retno Winarti H, Musyafa Al Farizi, Nur Maziyah Ulya

Abstract


Pandemi Covid-19 mempengaruhi bidang pendidikan di Indonesia. Wawancara dengan mahasiswa
Program Studi Akuntansi Manajerial Politeknik Negeri Semarang yang sudah melaksanakan Pembelajaran
Jarak Jauh, menginginkan media pembelajaran jarak jauh yang interaktif inovatif sesuai dengan
perkembangan teknologi, Motivasi merupakan suatu dorongan dari faktor eksternal maupun internal yang
timbul pada diri seseorang, dalam hal ini mahasiswa yang melakukan kegiatan belajar dengan tujuan untuk
mencapai prestasi belajar yang diinginkan dapat terwujud (Sianturi, 2018). Media pembelajaran jarak jauh
yang menarik dalam proses pembelajaran, akan membuat mahasiswa lebih termotivasi dalam belajar.
Motivasi belajar dapat menimbulkan kepuasan mahasiswa. Berdasarkan hal tersebut dilakukan peneltian
berjudul “Pengaruh Pembelajaran Jarak Jauh Dan Motivasi Belajar Terhadap Kepuasan Belajar
Mahasiswa”. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran jarak jauh dan motivasi
belajar terhadap Kepuasan Belajar Mahasiswa. Ini adalah penelitian deskriptif yang bertujuan untuk
menjelaskan sesuatu fenomena dengan menggunakan angka yang menggambarkan karakteristik subjek
yang diteliti. Responden penelitian ini yaitu mahasiswa kelas 2, sampai dengan kelas 4 yang telah
menerima pembelajaran jarak jauh. Penelitian ini berkesimpulan pembelajaran jarak jauh dan variabel
motivasi belajar berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa.

Kata Kunci : 


Keywords


pembelajaran jarak jauh, motivasi belajar, kepuasan mahasiswa.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.