KLUSTERING PENGGUNA E-WALLET DI JAWA TENGAH BERDASARKAN PERILAKU

Sri Widiyati, Th. Tyas Listyani, Moh.Rois Moh.Rois, Rikawati Rikawati

Abstract


Persaingan yang ketat antara penerbit e-wallet maka, clustering terhadap pengguna e-wallet menjadi suatu
kebutuhan. Tujuan penelitian untuk menerapakan K -Means Clustering pada pengguna ne-wallet di Jawa
Tengah. Variabel yang digunakan untuk mencerminkan perilaku pengguna e-wallet adalah promosi,
frekuensi penggunaan e-wallet, jumlah e -wallet yang dimiliki; gaya hidup saat ini; aktivitas konsumsi;
pengelolaan keuangan melalui cash flow dan aman,praktis serta mudah. Kluster terbagi menjadi 3. Hasil
kluster yang terbentuk 3 kluster. Kluster 1terdiri dari 13 orang,Pada kluster ini, nilai variable promosi,
frekuensi penggunaan e-wallet, jumlah e -wallet yang dimiliki; gaya hidup saat ini; aktivitas konsumsi;
pengelolaan keuangan melalui cash flow dan aman,praktis serta mudah adalah di atas rata-rata. Nilai
variabel promosi, gaya hidup saat ini, pengelolaan keuangan melalui cash flow dan aman,praktis dan mudah
lebih besar dibanding kluster 2 dan 3. Pada kluster satu berisikan responden yang tingkat cashless sangat
tinggi .Kluster 2 terdiri dari 36 orang. Pada kluster ini, nilai variable jumlah e-wallet yang dimiliki adalah
di atas rata-rata sedangkan nilai variabel lainnya di bawah rata-rata..Pada kluster 2 terdiri dari responden
yang tingkat cashless nya rendah. Kluster 3 terdiri dari 51 orang. Pada kluster ini, nilai frekuensi
penggunaan e-wallet variable , aktivitas konsumsi; pengelolaan keuangan melalui cash flow dan
aman,praktis adalah di atas angka rata-rata total. Pada kluster 3 terdiri dari responden yang tingkat cashless
nya sedang.


Keywords


e-wallet; cluster ; k-means cluster, perilaku consumers

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.