ENINGKATAN PRESTASI BELAJAR SISWA MATERI MEMBACA LAPORAN HASIL PENGAMATAN MELALUI PAIKEM

Isnaini Isnaini, Al Mawardi

Abstract


Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah mengetahui efektifitas penggunaan Pakem daam
meningkatkan prestasi belajar siswa materi membaca laporan hasil pengamatan pada siswa kelas VI/b SD Negeri I Blang Mangat. Asumsi bahwa Bahasa Indonesia hanya sebagai bahasa pasaran menyebabkan banyak orang tidak butuh untuk mendalami dan menguasai strukturnya. Rendahnya penguasaan pelajaran Bahasa Indonesia bukan hanya berimplikasi kepada menurunnya nilai bidang bahasa, tetapi juga berpengaruh kepada pelajaran lainnya. Menyadari akan pentingnya peranan bahasa Indonesia, maka peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia perlu mendapat perhatian yang prioritas. Dalam hal ini, guru diharapkan senantiasa menyusun program pengajaran yang membangkitkan motivasi belajar dan
melibatkan murid secara aktif dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Metode pembelajaran yang dapat mendorong murid untuk ikut aktif adalah pembelajaran Pakem. Pembelajaran Pakem diterapkan dilatarbelakangi oleh kenyataan bahwa pembelajaran model konvensional dinilai menjemukan, kurang menarik bagi para peserta didik sehingga berakibat kurang optimalnya penguasaan materi bagi murid. Pakem akan mendorong murid untuk berpikir secara reaktif dan komprehensif. Murid dimotivasi untuk berpikir dengan cara menyuruhnya membuat laporan dengan melakukan wawancara terhadap nara sumber langsung, atau dengan mencatat penjelasan langsung dengan orang yang diwawancarainya, dan menyuruhnya mencari jawaban dari suatu pertanyaan. Berdasarkan hal tersebut rumusan masalah dari penelitian ini adalah: sejauhmanakah tingkat keberhasilan murid dalam materi membaca laporan hasil pengamatan dengan penggunaan pembelajaran Pakem? Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa metode Pakem efektif dalam pelajaran bahasa Indonesia materi membaca laporan hasil pengamatan. Selanjutnya dari penelitian ini juga diketahui bahwa respon siswa Kelas VI/b tentang proses belajar mengajar dengan metode Pakem sangat positif. Peningkatan hasil belajar dari pretes (sebelum dilakukannya tindakan ke siklus I adalah 20 poin atau 49,5 %), sedangkan dari siklus I ke siklus II adalah 17,5 poin atau 28,89%.


Keywords


Peningkatan, prestasi, siswa, bahasa, indonesia,membaca,laporan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.