TEKNOLOGI TEPAT GUNA (TTG) RUANG STERILISASI VIRUS BERBASIS INTERNET OF THING

Slamet Handoko, Sukamto Sukamto, Idhawati Hestiningsih, Angga Wahyu Wibowo, Amran Yobioktabera

Abstract


Permasalahan yang telah pengusul analisis adalah tinggi nya kasus covid-19 di Semarang yang salah satunya gejala penderitanya adalah suhu badan di atas suhu normal dan banyaknya virus yang menempel pada lantai sebuah instansi. Pemerintah Indonesia melakukan beberapa cara untuk menangani wabah ini mulai dari penyemprotan zat disinfektan, menghimbau kepada masyarakat untuk melakukan social distancing, melakukan rapid tes secara masal, hingga membeli peralatan medis.

Solusi yang pengusul ajukan yaitu teknologi tepat guna ruang sterilisasi virus berbasis internet of thing. Tujuan khusus dari pengabdian kepada masyarakat ini adalah mempercepat penerapan dan pemanfaatan teknologi tepat guna ruang sterilisasi virus berbasis internet of thing dari Polines ke SMP Multazam IBS. Luaran kegiatan ini diharapkan dapat terciptanya teknologi tepat guna ruang sterilisasi virus berbasis internet of thing, publikasi pada jurnal nasional ber ISSN. Metode yang digunakan sebagai solusi mengatasi permasalahan tersebut adalah  identifikasi kebutuhan, perencanaan kegiatan, penerapan teknologi tepat guna ke masyarakat, dan evaluasi pelaksanaan program dan keberlanjutan program.


Keywords


Covid; Sterilisasi; Internet of Thing

Full Text:

PDF

References


Coronavirus, https://www.who.int/health-topics/coronavirus#tab=tab_1, diakses pada 22 Maret 2020

Coronavirus, https://www.worldometers.info/coronavirus/ diakses pada 22 Maret 2020

Countries test tactics in ‘war’ against COVID-19, https://science.sciencemag.org/content/367/6484/1287 diakses pada 22 Maret 2020

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, https://www.kemkes.go.id/ diakses pada 22 Maret 2020

St. Fatimang dan Imran Amin, “Rancang Bangun Sterilisator Bakteri Yang Terkandung Dalam Udara Berbasis Mikrokontroller Arduino,” Prosiding Seminar Nasional Penelitian & Pengabdian Kepada Masyarakat 2019 ( pp.37-41 )

M. Mikhail and T.Young., “Sterilization of flexible endoscopes,” https://doi.org/10.101/R978-0-08102565-9.00023-6

Ketut Tono Pasek Gelgel, Putu Henrywaesa Sudipa, “Efikasi Sterilisasi dan Desinfeksi Kandang untuk Mengurangi Infeksi Bakteri” Volume 12 No. 1: 61-66, Februari 2020

Pressman, R.S., “Software Engineering: A Practitioner’s Approach”, McGraw-Hill, New York, 68.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.