PENERAPAN TEKNOLOGI SMART WASTAFEL UNTUK SEKOLAH PAUD AL HUSNA KARANGREJO BANYUMANIK KOTA SEMARANG

Yanuar Mahfudz Safarudin, Mochammad Muqorrobin, Supandi Supandi, Septian Yudha Kusuma, Suharto Suharto

Abstract


 

Yayasan Al-Husna Karangrejo merupakan yayasan pendidikan sekolah yang beralamat di Jalan Karangrejo VI Kelurahan Srondol Wetan Kecamatan Banyumanik, Kota Semarang berjarak sekitar lima kilo meter dari Kampus Politeknik Negeri Semarang. Yayasan pendidikan ini menaungi beberapa unit pendidikan diantaranya: LPQ; PAUD; KB; TK; dan Rumah Pintar. Lembaga Pendidikan PAUD-Anggrek yang mengusulkan menjadi mitra sedang menyiapkan belajar off-line membutuhkan sarana cuci tangan otomatis bagi guru dan anak-anak peserta didik. Politeknik Negeri Semarang mempunyai tugas pokok tridarma perguruan tinggi yakni pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Tim pelaksana telah melakukan survei lapangan ke PAUD Anggrek Al-Husna Banyumanik mendapatkan permasalahan kebutuhan alat cuci tangan otomatis dan pembelajaran online bagi guru-guru. Tim pelaksana Pengabdian Polines terdiri dari berbagai bidang ilmu mempunyai pengalaman untuk memberikan solusi teknologi tepat guna (TTG) yang dibutuhkan. Tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat skema kompetitif ini untuk menerapkan Teknologi Alat Cuci Tangan Dengan Pengering Tangan Dan Monitoring Suhu di Sekolah PAUD Anggrek Al-Husna Banyumanik, Kota Semarang. Selain itu memberikan pelatihan pembelajaran on-line bagi guru-guru PAUD Anggrek, Yayasan Al-Husna. Metode pelaksanaan kerja: (1) Diskusi dengan mitra problem & solusi, (2) Rencana kegiatan bersama, (3) Pelaksanaan kegiatan bersama, (4) Bantuan satu unit Alat Cuci Tangan otomatis,(4) Evaluasi kegiatan. Kontribusi utama program pengabdian ini adalah mendorong dan memberdayakan Lembaga pendidikan PAUD Anggrek dalam persiapan belajar offline dan online yang aman, menerapkan protokol kesehatan. Luaran yang diharapkan dari kegiatan pengabdian kepada masyarakat kompetitif ini adalah: (1) Satu unit Alat cuci tangan otomatis (dilengkapi sensor deteksi suhu dan pengering), (2) Dokumen pelaksanaan kegiatan pengabdian, (3) Dokumen rekaman video dan poster kegiatan, (4) Publikasi /Seminar hasil kegiatan.


Keywords


Cuci tangan; pandemi; Covid-19

Full Text:

PDF

References


Batubara, Puteranegara.2020.Sebaran Kasus Positif Covid-19 di Indonesia Terbaru https://nasional.okezone.com/read/2020/04/20/337/2202084/sebaran-kasus-positif-covid-

-di-indonesia-terbaru (diakses tanggal 11 Maret 2021).

DetikNews.2020.Kapan Sebenarnya Corona Pertama Kali Masuk RI?

https://news.detik.com/berita/d-4991485/kapan-sebenarnya-corona-pertama-kali-masuk- ri (diakses tanggal 11 Maret 2021).

Djamalu, Yunita, Siradjuddin Haluti, Burhan Liputo.2019.Wastafel Injektur Sebagai Solusi Cuci Tangan di Tempat Umum untuk Membantu Pencegahan Virus Corona di Kota Gorontalo.Jurnal Abdimas Gorontalo.2(2):69-72.

Ningsih, Deny Sulistia.2010. Tugas Akhir Prototype Wastafel Otomatis Berbasis

Mikrokontroler AT89S51. Universitas Sebelas Maret.

Saputro, Tedy Tri.2018.Bermain dengan Sensor Suhu Nirsentuh MLX90614 https://embeddednesia.com/v1/bermain-dengan-sensor-suhu-nirsentuh-mlx90614 (diakses tanggal 14 Maret 2021).

Supriyanto, Agung, Muhammad Vendy Hermawan.2020.Pembuatan Alat Cuci Tangan Portabel dalam Upaya Mencegah Penularan Covid-19 di Kelurahan Sangkrah, Pasar Kliwon, Kota Surakarta.Jurnal Abdi Masya.1(1):27-34.

Suyetno, Agung, Solichin, Wahono, Imam Muda Nauri.2020.Diseminasi Teknologi Alat Cuci Tangan Cerdas Higienis sebagai Edukasi Pencegahan Covid-19 di Desa Pakisjajar Kabupaten Malang.Jurnal Pengabdian, Pendidikan, dan Teknologi.1(2):75-80.

Saputra, Onery Andy, Agustyarum Pradiska Budi, Sudiro.2020.Penerapan Wastafel Portabel sebagai Upaya Pencegahan Covid-19 di Kantor Kelurahan Gedongan Kecamatan Colomadu.Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat MEDITEG.5(1):44-49.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.