Pemanfaatan Aliran Sungai Menggunakan PLTA Mini untuk Penerangan Jalan dan Area Pondok Lansia Al Maa’uun Wonosobo

Sidiq Syamsul Hidayat, Rizkha Ajeng Rochmatika, Tahan Prahara

Abstract


Kondisi di Pondok Lansia Al-Maa’uun kaya akan potensi sumber daya alam. Salah satunya yaitu potensi sumber air yang melimpah di sekitar lokasi. Namun, potensi tersebut belum dapat digunakan secara optimal oleh warga sekitar. Ada pun permasalahan yang dihadapi oleh warga di Pondok Lansia yaitu adanya blank spot electricity sehingga ketika malam hari daerah di kawasan tersebut gelap karena tidak teraliri listrik. Aliran listrik dari PLN tidak bisa menjangkau seluruh daerah itu karena keterbatasan daya listrik. Sehingga, melalui pengabdian ini tim pengusul memberikan alternatif solusi untuk membuat energi terbarukan melalui pembangkit listrik mikrohidro. Pembangkit ini memanfaatkan saluran air yang ada di sekitar lokasi yang cukup deras sebagai sumber energi listrik. Aliran listrik tersebut diharapkan mampu mengatasi permasalahan blank spot electricity. Sehingga jaringan listrik yang terbentuk dari pembangkit itu dapat dimanfaatkan sebagai lampu penerangan jalan. Kondisi ini sangat menguntungkan karena dapat menciptakan kemandirian desa karena dapat menyelesaikan permasalahan secara mandiri dengan mengoptimalkan potensi alam di sekitar lokasi. Diharapkan melalui pemanfaatan aliran sungai sebagai energi terbarukan, masyarakat akan mendapatkan manfaat langsung berupa energi listrik yang murah dan mendapatkan pendidikan tentang pemanfaatan alam sebagai sumber energi baru terbarukan sehingga tumbuh kesadaran yang tinggi terhadap lingkungannya. 


Keywords


Energi terbarukan; PLTA mini; Mikrohidro; blank spot

Full Text:

PDF

References


Restika Oki Nindhitya, “Pemetaan Sub-Sub Sektor Pertanian Dalam Rangka Pengembangan Perekonomian Daerah Kabupaten Wonosobo”, EDAJ Vol. 2 No. 1. Hal 1-8. 2013

Very Dwiyanto, Dyah Indriana K, Subuh Tugiono, “Analisis Pembangkit Listrik Mikro Hidro (PLTMH) Studi Kasus: Sungai Air Anak (Hulu Sungai Way Besai), JRSDD Vol. 4 No. 3 Hal: 407-422, 2016.

Fahri Alvin Muhammad, Akhmad Zainuri, Sholeh Hadi P, “Sistem Monitoring Energi Listrik Pada Daerah Blank Spot Berbasis IoT”, JMTEUB Vol. 7 No. 7. 2019.

Titis Haryani, Wasis Wardoyo, Abdullah Hidayat, “Perencanaan Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro Di Saluran Irigasi Mataram”, Jurnal Hidroteknik Vo. 1 No. 2. 2015

Abdul Majid, Muhar Danus, Erliza Yuniarti, “Pemanfaatan Aliran Air Sebagai Prime Over Pembangkit Listrik Skala Rumah Tangga,” JSE Vol. 3 No. 2, 2019.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.