Preventive dan Maintenance Kincir Air Dalam Rangka Pembelajaran Pemanfaatan Teknologi Mikrohidro Bagi Masyarakat Desa Surokonto Wetan Kabupaten Kendal

Baktiyar Mei Hermawan, Gatot Suwoto, Bono Bono, Suwarti Suwarti, Yusuf Dewantoro Herlambang

Abstract


Kabupaten Kendal memiliki suatu desa yang memiliki potensi sumber energi air yang cukup melimpah untuk dikembangkan, desa tersebut adalah Desa Surokonto Wetan, Kecamatan Pageruyung, Kabupaten Kendal. Desa tersebut memiliki geografis daerah perbukitan dengan ketinggian 425 meter diatas permukaan laut. Penerapan kegiatan pengabdian masyarakat yang salah satunya bisa dikembangkan di desa ini adalah teknologi kincir air mikrohidro. Penerapan teknologi mikrohidro akan dapat membantu mengatasi permasalahan yang dihadapi mitra pendampingan yaitu pengairan untuk lahan pertanian, masih terbatasnya pemahaman mitra pengabdian mengenai preventive dan maintenance kincir air untuk mikrohidro. Solusi yang ditawarkan antara lain pelatihan dan pendampingan preventive dan maintenance sistem Mikrohidro sebagai PLTMH, pelatihan dan pendampingan pemanfaatan kincir air mikrohidro untuk masyarakat Desa Surokonto Wetan Kabupaten Kendal.

 


Keywords


preventive dan maintenance; kincir air mikrohidro; Desa Surokonto Wetan

Full Text:

PDF

References


Anonim. Profil Desa.

: http://surokontowetan.desa.id/public/menu/profil,diakses 22 Maret 2021

Muller,G.,and ChristianW.2016.The breastshot water wheel:Design and model tests. Proceedings of the Institution of Civil Engineers Engineering Sustainability,157(4):1-9

Quaranta, E., & Revelli, R.2015.Output power and power losses estimation for an overshot water wheel. Renewable Energy:979-987.

Quaranta,E.,&Revelli, R.2016.Optimization of breastshot water wheels performance using different in flow configurations. Renewable Energy, 97:243- 251.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.