KAJIAN PROSEDUR DESAIN DAN MANUFAKTUR INDUSTRI KAROSERI SEBAGAI DASAR INOVASI PEMBELAJARAN TOOL DESIGN BERBASIS PROYEK

Anwar Sukito Ardjo, Wahyu Isti Nugroho, Timotius Anggit Kristiawan, Abdul Syukur Alfauzi, Hariyanto Hariyanto

Abstract


Perkembangan alat transportasi selalu berkembang mulai dari desain, system tenaga penggerak, hingga material. Perkembangan tersebut seiring dengan perkembangan teknologi manufaktur dari yang sederhana hingga saat ini menggunakan sistem robot. Prosedur mendesain press tool yang saat ini dilaksanakan masih bersifat umum, sehingga perlu dilakukan kajian prosedur desain dan manufaktur sesuai yang diterapkan di industri, salah satunya adalah industri komponen karoseri kendaraan. Hasil kajian akan diadopsi dan diadaptasikan ke dalam pembelajaran tool design. Tujuan dari penelitian ini adalah Kajian Prosedur Desain dan Manufaktur pada Industri Komponen Karoseri Kendaraan sebagai Dasar Inovasi Pembelajaran Tool Design Berbasis Proyek”. Metode penelitian dilaksanakan mengikuti prosedur identifikasi malah, mendefinisikan masalah, sintesis, analisis, dan evaluasi. Hasil penelitian dari kajian ini adalah penggunaan software CAD digunakan untuk desain part dan dies stamping. Hasil desain di analisa menggunakan software CAE untuk menguji fungsi desain dies stamping terhadap desain produk secara virtual. Hasil analisa pengujian dilanjutkan pada proses desain Manufaktur menggunakan software CAM sehingga perencanaan proses dan prediksi waktu proses machining dapat dikendalikan. Penggunaan software CAD/CAE/CAM saling terintegrasi pada prosedur desain. Prosedur Manufaktur yang dilakukan di PT MAJ khususnya pembuatan Dies dan Checking fixture menggunakan mesin CNC yang terintegrasi langsung dengan Software CADCAM, sehingga mampu untuk pengerjaan benda yang memiliki surface dan profil dengan tingkat kerumitan yang tinggi. Proses Inspeksi hasil produk menggunakan alat bantu 3D scan FARO dan Checking Fixture (CF).

 


Keywords


prosedur desain dan manufaktur; body/karoseri; inovasi pembelajaran; pembelajaran berbasis proyek.

Full Text:

PDF

References


Budynas-Nisbet, 2015. Mechanical Engineering: Shigley’s Mechanical Engineering Design, 10 Edition. McGraw−Hill Primis. ISBN: 0−390−76487−6 Mechanical Engineering. http://www.primisonline.com.

Parmar, A., Patel, D., Patel, K., Patel, B., and Patel, M. 2017 A Review on Process of Press Tool Design and its Manufacturing. Imperial Journal of Interdiciplinary Research (IJIR) Vol-3, Issue-3, 2017 ISSN: 2454-1362, http//www.onlinejournal.in

Patil, Nilesh N. Patil, Wasim I Shaikh. 2013. Overview of Press Tool Design used for Sheet Metal Processes with Design Considerations. International Journal of Science and Research (IJSR) ISSN (Online): 2319-7064 Index Copernicus Value (2013): 6.14 | Impact Factor (2013): 4.438 Volume 4 Issue 9, September 2015 www.ijsr.net Licensed Under Creative Commons Attribution CC BY.

Rathod, G.C., Raut, D. N., and Adlinge, S. 2017. Study and Analysis of Press Tool Design. International Journal of Engineering Research & Technology (IJERT) ISSN: 2278-0181 Vol. 6 Issue 07, July – 2017 Published by: www.ijert.org.

Riles M. Wattimena, Anwar S. Ardjo, Hartono Hartono, Abdul S. Alfauzi. 2020. Analisa Proses Manufaktur Di PT MAJ Sebagai Upaya Penyelarasan Metode Pembelajaran Praktik Produksi Dalam Rangka Link & Match. https://jurnal.polines.ac.id/index.php/Sentrikom/article/view/2698

Sachin, G., Yathish, G. , and Amar 2015 Design Analysis and Overview of Press Tool With its Defects and Remedies. International Journal of Engineering Technology, Management and Applied Sciences. arch 2015, Volume 3 , Special Issue, ISSN 2349-4476 www.ijetmas.com.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.