Pengujian unjuk kerja (performance) kompresor torak multi stage dengan tabung tambahan pada saluran keluaran pada silinder pertama

Ignatius Gunawan Widodo, Ampala Khoryanton, Agus Pramono, Gutomo Gutomo, Eni Safriana

Abstract


Dengan berkembangan teknologi  industry 4.0, yang bersumber pada peningkatan efisiensi produksi meliputi efisiensi bidang produksi, material , dan sumber daya manusia. Penggunaan otomasisasi industry dan penggunaan dan modifikasi peralatan-peralatan produksi yang lebih efisien menjadi keharusan. Kompresor merupakan salah satu peralatan penghasil udara bertekanan yang dipakai disemua industry manufaktur, sehingga penggunaan yang lebih efisien sangat diperlukan. Tujuan penelitian ini adalah melakukan pengujian  unjuk kerja (performance) kompresor torak muti stage  dengan modifikasi peralatan tambahan berupa reservoir tambahan pada saluran keluaran dari silinder pertama.Data hasil pengujian diolah untuk menganalisa tingkat efisiensi volumetric dan efisiensi overall pada unjuk kerja kompresor torak multi stage. Metode dalam penelitian ini melakukan pertama melakukan pengujian karakteristik kompresor torak multi stage secara normal pada berbagai putaran, membuat instalasi pipa dan reservoir tambahan dan menambah perlatan control tekanan dan suhu, melakukan pengujian unjuk kerja kompresor torak multi stage yang telah menggunakan reservoir tambahan, menganalisa hasil pengujian dengan membandingkan kedua pengujian. Hasil pengujian kondisi normal dan kondisi pengembangan pada kompresor torak multi stage ini, menunjukan tidak terjadi perubahan yang signifikan, sehingga tidak direkomendasikan untuk dilakukan modifikasi..


Keywords


modifikasi; pengujian ; efisien

Full Text:

PDF

References


Balduzzi, Francesco,et all.” Reciprocating Compressor Cylinder’s Cooling: A Numerical Approach Using CFD With Conjugate Heat Transfer” Proceedings of the ASME 2014 Pressure Vessels & Piping Conference. Anaheim, California, USA.2014.

Stiaccini,Isacco,et all.“A Reciprocating Compressor Hybrid Model With Acoustic FEM Characterization”.University of Florence, Italy.ScienceDirect- International Journal of Refrigeration 63 ,2016,pp 171–183.

Sularso, Takahara, Haruo. “Pompa dan Kompressor - Pemilihan, Pemakaian dan Pemeliharaan”, cetakan kesembilan, Jakarta : PT. Pradaya Paramitha, 2006.

Sularso dan Suga , Kuyokatsu .”Dasar Perencanaan dan Pemilihan Elemen Mesin”. Jakarta: PT Praditya Paramita,2008. [7] Mitsuboshi Belting,Ltd.”DesignManual-V- Belt” .”.August2014.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.