PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN PENGEMBANGAN KAMPUNG TEMATIK DI KELURAHAN PEDALANGAN MELALUI PENGEMBANGAN BATIK DENGAN TEKNIK ECOPRINT DENGAN MENGGUNAKAN LIMBAH BESI DAN PEWARNA ALAMI

Saptianing Saptianing, Andi Setiawan, Rifah Dwi Astuti, Rara Rinin Budi Utami

Abstract


Salah satu hal yang dapat dilakukan oleh para perajin  batik  adalah meningkatkan  kualitas batik, keaneka ragaman corak / motif batik yang menarik, unik, serta bernilai tinggi agar permintaan konsumen tidak menurun. Saat ini yang menjadi kendala dari UKM batik tersebut adalah memenuhi selera konsumen akan kebutuhan batik Ecoprint. Teknik ecoprint yang sudah dipelajari pada pengabdian masyarakat sebelumnya berupa teknik yang mengolah kain dengan memberi corak menggunakan sumber kekayaan alam seperti dedaunan, bunga, batang dan pewarna alam lainnya. Ecoprint memiliki beberapa teknik pengolahan berbeda, salah satunya adalah teknik steam atau kukus yang merupakan teknik pengukusan kain yang memiliki pola daun yang sudah ditata sebelumnya. Untuk itulah Jurusan Administrasi Bisnis mencoba untuk membantu mereka dalam mengatasi permasalahan mereka. Bantuan yang ada berupa peralatan batik dan pelatihan membatik yang belum diberikan sebelumnya dengan teknik ecoprint dengan menggunakan limbah besi dan pewarna alami diharapkan dapat memberikan keaneka ragaman batik ecoprint sehingga bisa memberikan nilai jual yang lebih.

Politeknik Negeri Semarang sebagai Lembaga Perguruan Tinggi, sudah semestinya ikut ambil bagian dalam menyumbangkan pemikirannya untuk mendukung program pemerintah dalam mengedepankan budaya lokal Semarang. Sumbangan pemikiran ini, bisa dilakukan dalam bentuk pemberian peningkatan kemampuan para pengrajin tersebut dalam pemberdayaan membatik dengan teknik ecoprint yang tidak hanya menggunakan limbah dedaunan tetapi juga bisa menggunakan limbah besi dan pewarna alami. luaran dari pengabdian ini adalah pemberian materi dan bantuan Pemberdayaan proses membuat batik serta penguatan kelembagaan yang terpadu antara masyarakat, pemerintah dan Polines. Hasil pengabdian kepada masyarakat akan dirumuskan dalam  bentuk Artikel Ilmiah, selanjutnya diharapkan dapat menjadi rujukan teoritis dan kegiatan pengabdian di masa datang.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.