KECERDASAN EMOSIONAL PENGARUHNYA TERHADAP PEMAHAMAN AKUNTANSI (Suatu Studi Pada Program Studi Komputerisasi Akuntansi) POLITEKNIK NEGERI SEMARANG
Abstract
Penelitian ini menganalisis pengaruh kecerdasan emosional terhadap pemahaman akuntansi,
dengan mengambil populasi mahasiswa program studi komputerisasi akuntansi Politeknik
Negeri Semarang. Sesuai dengan nama program studinya materi kuliah utama yang dipelajari
adalah komputer dan akuntansi. Seiring dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan
teknologi, komputer dan akuntansi merupakan perpaduan yang selaras, saling melengkapi,
menjadi ilmu terkini yang dibutuhkan di berbagai bidang. Namun demikian, sebuah
kesuksesan hidup lebih ditentukan oleh kecerdasan emosi dibandingkan kecerdasan
intelektual. Dalam kehidupan sosial bisnis, banyak diploma maupun sarjana cerdas yang
selama studi di Perguruan Tinggi selalu menjadi mahasiswa unggulan, tetapi ketika masuk
dunia kerja, mereka menjadi bawahan dari teman sekelas mereka yang hampir tidak memiliki
prestasi akademik yang cukup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kecerdasan emosional
berpengaruh positif signifikan terhadap pemahaman akuntansi.
Kata Kunci: Mahasiswa Prodi KOMPAK, Kecerdasan Emosional, Tingkat Pemahaman
Akuntansi
Full Text:
PDFReferences
Heryansyah, Tedy. “Pengertian Akuntansi dan Manfaatnya. 19 Desember 2018.
https://blog.ruangguru.com/pengertian-akuntansi-dan-manfaatnya
Hidayat, Anwar. “Penjelasan Tentang Uji Normalitas dan Metode Perhitungan”. 18
Desember 2018. https://www.statistikian.com/2013/01/uji-normalitas.html
Hidayat, Anwar. “Tutorial Uji Asumsi Klasik dengan Eviews”. 18 Desember 2018.
https://www.statistikian.com/2017/02/tutorial-uji-asumsi-klasik-eviews.html
Hidayat, Anwar. “Penjelasan Berbagai Jenis Uji Validitas dan Cara Hitung”. 19 Desember
https://www.statistikian.com/2012/08/uji-validitas.html
Hidayat, Anwar. “KORELASI REGRESI – Penjelasan dan Tutorial – Lengkap”. 01 Januari
https://www.statistikian.com/2012/08/korelasi.html
Mawardi. M. Cholid. 2011. Tingkat Pemahaman Mahasiswa Akuntansi terhadap Konsep Dasar
Akuntansi di Perguruan Tinggi di Kota Malang. Jurnal Akuntansi Fakultas Ekonomi
Universitas Islam Malang, 3(2), h: 38-55.
Praptiningsih, (2009), Hubungan Keefektifan Guru dalam Mengajar dan Motivasi Berprestasi
Siswa dengan Prestasi Belajar Siswa pada Bidang Studi Akuntansi (Studi Pada SMA
Ardjuna 1 Malang). Skripsi. Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri
Malang.
Rachmi, Filia. 2010. Pengaruh Kecerdasan Emosional, Kecerdasan Spiritual, dan Perilaku
Belajar Terhadap Pemahaman Akuntansi. Semarang. Jurnal Pendidikan Akuntansi.
Raharjo, Sahid. “Uji Normalitas dengan Grafik Histogram dan P-Plot SPSS”. 17 Desember
https://www.konsistensi.com/2014/08/uji-normalitas-grafik-histogram-plot.html
Raharjo, Sahid. “Uji Multikolonieritas dengan Melihat Nilai Tolerance dan VIF SPSS”. 21
Desember 2018. https://www.spssindonesia.com/2014/02/uji-multikolonieritas-denganmelihat.
html
Raharjo, Sahid. “Cara Melakukan Analisis Korelasi dengan SPSS”. 01 Januari 2019.
https://www.spssindonesia.com/2014/02/analisis-korelasi-dengan-spss.html
Satria, Muhammad Rizal. 2017. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Tingkat
Pemahaman Akuntansi Pada Mahasiswa Akuntansi Di Kota Bandung. Jurnal
Amwaluna.1(1): 66-80.
Tjun, Lauw Tjun dkk. 2009. Pengaruh Kecerdasan Emosional Terhadap Pemahaman
Akuntansi Dilihat dari Perspektif Gender. Jurnal. 1(2): 101-118.
Refbacks
- There are currently no refbacks.