ANALISIS POLA KONSUMSI ISLAMI MASYARAKAT DI KOTA SEMARANG
Abstract
Pola konsumsi masyarakat Indonesia yang mayoritas muslim seharusnya mengikuti lima prinsip,
yaitu adanya keadilan, kebersihan, kesederhanaan, kemurahan hati dan moralitas. Penelitian ini
mengambil judul ” Analisis Pola Konsumsi Islami Masyarakat di Kota Semarang” ini bertujuan
untuk (1) mengetahui implementasi pola konsumsi yang Islami di wilayah penelitian; (2)
mengetahui apakah ada perbedaan implementasi pola konsumsi yang Islami pada masyarakat
muslim di wilayah penelitian; (3) mengetahui minat masyarakat muslim untuk meningkatkan
kualitas implementasi pola konsumsi yang Islami di wilayah penelitian. Pengumpulan data pada
penelitian ini dilakukan dengan mengambil sampel sebanyak 114 responden di wilayah penelitian
di kecamatan Tembalang dan kecamatan Ngaliyan kota Semarang. Uji reliabilitas dan validitas
digunakan untuk menguji instrumen penelitian. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian
ini adalah distribusi frekuensi dan grand mean. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1)
Responden di dua kecamatan di kota Semarang yaitu Kecamatan Tembalang dan Kecamatan
Ngaliyan sangat setuju dengan pelaksanaan pola konsumsi yang Islami, (2) Tidak ada perbedaan
yang signifikan terhadap implementasi pola konsumsi yang Islami antara kecamatan Tembalang
dan kecamatan Ngaliyan kota Semarang, (3) Responden di wilayah penelitian mempunyai minat
yang tinggi untuk meningkatkan implementasi pola konsumsi yang Islami.
Kata Kunci: Islami, Konsumsi, Pola, masyarakat, prinsip
Full Text:
PDFReferences
Abrar, Afif, 12 Januari 2019, Analisis Pola Perilaku Konsumsi dan Perilaku Berzakat
Rumah Tangga Muslim pada Bulan Ramadhan, www.digilibfeb.ub.ac.id.
Andika, Rahmat, 30 Maret 2019, http://demafebiuinar.blogspot.com/2017/05/prinsipkonsumsi-
dalam-islam.html
Badan Pusat Statistik Provinsi Jawa Tengah,‘Indikator Kesejahteraan Rakyat Provinsi
Jawa Tengah tahun 2017-2018, https://jateng.bps.go.id
Gani, Asep Haerul, 17 Januari 2019, Konsumerisme: Kegagalan Ummat Menghayati
Makna Shiyam, www.dilibrary.net.
Karim, Adiwarman, Oktober 2000, Teori Ekonomi Islam, makalah disampaikan pada
Shari’ate Economics Informal Study 1, Kelompok Studi Ekonomi Islam, Undip
Semarang.
Lestari, Suryani Sri, Persepsi Masyarakat Muslim Terhadap Implementasi Pola
Konsumsi Yang Islami di Jawa Tengah, Hasil penelitian tahun 2007.
Mannan, Abdul, 1997, Ekonomi Islam: Teori dan Praktik, Yogyakarta: Dana Bhakti
Prima Yasa.
Mooduto, M. Arie, Agustus 2003, Islamic Banking, Does It Supplement or Substitution,
makalah disampaikan pada seminar nasional Kelompok Studi Ekonomi Islam,
Undip, Semarang.
Nugraheni, Anita, et al., Identifikasi Pola Perilaku Konsumsi Islam di Lingkungan
Universitas Islam Bandung, Prosiding Ilmu Ekonomi, ISSN: 2460 6553.
Putriani, Yolanda Hani, Pola Perilaku Konsumsi Islami Mahasiswa Muslim Fakultas
Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga Ditinjau Dari Tingkat Religiusitas,
JESTT Vol. 2 No. 7 Juli 2015, https://e-journal.unair.ac.id.
Qardhawi, Yusuf, 1997, Norma dan Etika Ekonomi Islam, Jakarta: Gema Insani Press.
Setiawan, Abdul Aziz, Februari 2006, Pola Konsumsi Umat Islam, Suara Hidayatullah,
Edisi 10/XVIII, Jakarta.
Sitepu, Novi Indriyani, Perilaku Konsumsi Islam di Indonesia, Jurnal Perspektif
Ekonomi Darussalam Volume 2 Nomor 1, Maret 2016, ISSN. 2502-6976.
Sugiyono, 2002, Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.
Suprayitno, Eko., 2005. Ekonomi Islam (hlm. 92-95). Yogyakarta: Graha Ilmu.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, Bandung: Alfabeta,
Refbacks
- There are currently no refbacks.