ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN UMKM DALAM MENGGUNAKAN PRODUK PEMBIAYAAN BANK SYARIAH DI KOTA SEMARANG
Abstract
Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) merupakan sektor andalan bagi perekonomian Indonesia.
Keberadaan UMKM menyumbang 60.34% persen terhadap Produk Domestik Bruto dan persentase
penyerapan tenaga kerja oleh UMKM tercatat sebesar 97 persen (Merdeka.com, 6/12/2018). Selain itu,
UMKM terbukti mampu bertahan pada guncangan krisis ekonomi. Kendati demikian bukan berarti tidak
ada hambatan bagi sektor UMKM dalam perkembangannya. Hasil riset Worldbank menyatakan bahwa
hambatan utama pertumbuhan UMKM di Indonesia adalah tidak adanya akses pembiayaan sedangkan
UMKM membutuhkan modal tambahan untuk berkembang. Hal ini menunjukkan adanya peluang besar
bagi lembaga keuangan termasuk Bank Syariah. Keberadaan Bank Syariah sebagai penggerak sektor riil
diharapkan bisa menjadi solusi nyata bagi pertumbuhan UMKM. Namun, tercatat porsi penyaluran Kredit
Usaha Rakyat Syariah (KUR Syariah) baru 0.6 persen. Jika dilihat dari sudut pandang UMKM ada
beberapa faktor yang mempengaruhi keputusan dalam menggunakan produk pembiayaan Bank Syariah
antara lain faktor prosedur, keyakinan, dan pelayanan (Lubis dan Mahalli, 2014). Yuliawan (2011),
mengemukakan bahwa faktor pengetahuan berpengaruh signifikan terhadap keputusan nasabah
menggunakan produk Bank Syariah. Keempat faktor tersebut yaitu prosedur, keyakinan, pelayanan, danĀ
pengetahuan akan digunakan sebagai variabel independen dan keputusan UMKM sebagai variabel
dependen dalam penelitian ini.
Penelitian ini menemukan bahwa pengetahuan nasabah memiliki pengaruh terhadap UMKM untuk
menggunakan produk pembiayaan bank syariah. Disisi lain, prosedur dan pelayanan tidak memiliki
pengaruh siginifikan terhadap keputusan UMKM untuk menggunakan produk pembiayaan bank syariah.
Temuan ini mengimplikasikan bahwa semakin baik pengetahuan nasabah terhadap produk makan
semakin besar kemungkinan nasabah tersebut akan memutuskan menggunakan produk pembiayaan bank
syariah. Prosedur dan pelayanan tidak memiliki pengaruh kemungkinan disebabkan karena tidak ada
perbedaan pelayanan dan prosedur antara bank yang satu dengan yang lainnya.
Kata Kunci: keputusan nasabah pembiayaan, prosedur, keyakinan, pelayanan, dan
pengetahuan
Full Text:
PDFReferences
Ferdinand, Augusty. 2006. Metode Penelitian Manajemen. Semarang: Badan Penerbit
UNDIP.
Ghozali, Imam. 2006. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS
Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 19
EDISI 5. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Ghozali, Imam. 2011. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21
Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit UNDIP.
Kauripan, C.M. 2013. Sikap, Keyakinan,, dan Efektifitas Iklan Pengearuhnya terhadap
Keputusan Penggunaan Produk Kartu AS Konsumen di Manado Town Square.
Jurnal Riset Ekonomu, Manajemen, Bisnis, dan Akuntansi, 1(3): 1100-1110,
Lubis, R dan Mahalli, L, 2014. Analisi Faktor-faktor yang Mempengaruhi Pengusaha
UMK untuk Menggunakan Jasa Pembiayaan Modal Kerja pada Bank Syariah
di kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 2(2).
Manuarang dan Mawardi, 2018. Pengaruh Product Knowledge terhadap Purchased
Intention. Jurnal Administrasi Bisnis, 55 (3)
Nababan dan Hamoraon, 2013. Analisis Faktor-faktor yang Mempengaruhi Keputusan
Masyarakat Kecamatan Medan Helvetia dalam Memilih Lembaga Keuangan
Sebagai Sunber pendanaan. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, 1(6).
Othman, A. And L. Owen, 2001. Adopting And Measuring Customer Service Quality
SQ In Islamic Banks: A Case Study In Kuwait Finance House. International
Journal Of Islamic Financial Services, 3(1): 100 -126.
Yuliawan, eko, 2011. Pengaruh Pengetahuan Konsumebn Mengenai Perbankan Syariah
terhadap Keputusan Menjadi Nasabah pada PT. Bank Syariah Cabang
Bandung. Jurnal Wira Ekonomi Mikroskil, 1(1).
Republika.co.id diakses pada 16 januari 2019
Suaramerdeka.com diakses pada 17 januari 2019
FATWA DSN MUI
Refbacks
- There are currently no refbacks.