ANALISIS IMPLEMENTASI PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN MELALUI INSTRUMEN AKREDITASI PROGRAM STUDI, PADA PROGRAM STUDI AKUNTANSI MANAJERIAL POLITEKNIK NEGERI SEMARANG

Muhammad Asrori

Abstract


Dalam dunia persaingan global dan industri masal saat ini persaingan antar institusi
semakin ketat. Agar mampu bertahan dalam persaingan yang makin kompetitif, setiap institusi
melakukan eksplorasi setiap keunggulan yang dimiliki untuk dapat memenuhi dan memuaskan
pelanggannya. Perguruan tinggi merupakan salah satu lembaga penyedia jasa layanan
masyarakat di bidang pendidikan dituntut menjamin mutu pendidikan tinggi yang
diselenggarakan. Untuk itu perguruan tinggi sebagai penyelenggara pendidikan harus
melaksanakan suatu manajemen mutu terpadu, termasuk di dalamnya .Sistem Jaminan Mutu
Pendidikan agar mutu pendidikan perguruan tinggi dapat dipertahankan dan ditingkatkan sesuai
dengan yang direncanakan atau yang dijanjikan. Keberadaan lembaga penjaminan mutu
perguruan tinggi adalah sebuah keharusan sebagai upaya setiap perguruan tinggi memberikan
jaminan mutu proses dan hasil pendidikan kepada stakeholders baik internal maupun eksternal
perguruan tinggi.
Polines yang mempunyai 22 Program Studi mentargetkan semua Program Studinya
terakreditasi A. Program Studi Akuntansi Manajerial saat ini masih terakreditasi B sehingga
diperlukan telaah agar status akreditasinya dapat ditingkatkan menjadi A
Dalam rangka hal tersebut akan dilakukan analisis implementasi penjaminan mutu
pendidikan melalui instrumen akreditasi Program Studi, pada Program studi Akuntansi
Manajerial, Politeknik Negeri Semarang.
Permasalahan penelitian ini adalah melakukan analisis implementasi manajemen mutu
pendidikan dengan menggunakan instrumen akreditasi program studi sesuai dengan pedoman 7
standart penilaian.
Dalam penelitian ini akan dilakukan analisis implementasi manajemen mutu pendidikan
dengan menggunakan instrumen akreditasi program studi sesuai dengan pedoman 7 standart
penilaian yang mengambil data dari borang akreditasi yang diusulkan oleh Program Studi
Akuntansi Manajerial.
Data dalam penelitian ini berupa data sekunder yang merupakan isian borang akreditasi
progam studi akuntansi manajerial Politeknik Negeri Semarang. Pengumpulan data sekunder
dilakukan dengan meminta data isian borang Program Studi di Program Studi Akuntansi
Manajerial Politeknik Negeri Semarang
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian kualitatif adalah prosedur
penelitian yang menghasilkan data deskriptif. Analisis data dilakukan secara kualitatif untuk
melihat skor penilaian dari instrument akreditasi Program Studi. Skor tersebut dianalisis untuk
disimpulkan apakah dipertahakan atau ditingkatkan dengan rekomendasi.
Kata kunci : Penjaminan mutu, Akreditasi Program Studi


Full Text:

PDF

References


BAN-PT, Buku Naskah Akademik Akreditasi Institusi Perguruan Tinggi 2011.

Kementiran Pendidikan Nasional, Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi, Buku Panduan

SMP-PT 2010.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Pasal 60 dan

. Jakarta.

Undang-Undang RI Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen (Pasal 47). Jakarta.

Undang-Undang RI Nomor 9 Tahun 2009 tentang Badan Hukum Pendidikan. Jakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.