STUDI TERHADAP PERILAKU INVESTOR BERDASARKAN PRODUK INVESTASI dan VARIABEL DEMOGRAFI DI KOTA SEMARANG

Sri Widiyati, Manarotul Fatati, Th. Tyas Listyani, Edi Wijayanto, Prihatiningsih Prihatiningsih

Abstract


Saat ini investor di Semarang didominasi oleh mahasiswa, karyawan swasta, dan
pengusaha. Diharapkan tahun 2020 dapat menambah segmen pasar dari ibu rumah tangga,
PNS serta masyarakat umum. Untuk meningkatkan jumlah investor maka perilaku
keuangan investor perlu dicermati sehingga permasalahan panelitian adalah: Bagaimana
strategi untuk meningkatkan investor di Semarang melalui kajian perilaku keuangan
berdasarkan variable demografi dan variable penentu investasi .Penelitian yang dilakukan
bertujuan untuk : 1) Untuk mengklasifikasikan tipe investor di Kota Semarang, 2) Untuk
mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi investor di Semarang melakukan investasi,3)
Untuk mengetahui apakah ada korelasi antara tipe investor di Semarang dengan variable
demografi, variable penentu investasi, 4) Untuk merancang strategi peningkatan investor di
KotaSemarang.Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah 100 orang Milenial nalisis data
menggunakan Uji Reliabilitas , Validitas, Uji Chi Square. Hasil penelitian memperlihatkan
bahwa ada dua tipe investor yaitu tipe moderat dan tipe agresif. Tipe investor berkorelasi
dengan tipe pekerjaan, status marital dan gender. Jika dikorelasikan dengan variabel
penentu investasi maka tipe investor berkorelasi dengan kinerja perusahaan, kondisi makro
ekonomi dan informasi dari media masa.Strategi yang dilakukan dengan sosialisasi dan
literasi yang gencar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.