EKSISTENSI ENERGIZING TEAM LEARNING: MAMPUKAH MEMEDIASI VIRTUAL LEADERSHIP TERHADAP CREATIVE PERFORMANCE?

Iwan Hermawan, Inayah Inayah, Sri Eka Sadriatwati, Rusmini Rusmini, Ardiantita Ardiantita, Nur Indah Sari

Abstract


Internet sangat diperlukan di kehidupan sehari-hari, terutama bagi sebuah organisasi di era
knowledge-based economy seperti sekarang ini. Penggunaan teknologi untuk bekerja dan diskusi
seperti video conferrence, e-mail, website, dan lain sebagainya memerlukan internet dalam
pelaksanaannya. Begitu juga dalam hal kepemimpinan, berkembangnya teknologi dapat
melaksanakan kepemimpinan dari jarak jauh menggunakan remote work yang biasa disebut
dengan Virtual Leasership (VL). Hal tersebut diharapkan dapat meningkatkan Creative
Preformance (CP) bagi para anggota, namun VL tidak dapat secara langsung memengaruhi CP.
Oleh karena itu, penelitian ini menawarkan variabel Energizing Team Learning (ETL) sebagai
mediator antara VL dan CP, di mana dengan adanya sebuah tim pembelajaran yang saling
memberikan energi antar anggotanya diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan yang dimiliki
oleh setiap anggotanya. Sehingga, berbekal pengetahuan yang dimiliki tersebut dapat
meningkatkan CP. Sampel penelitian ini sebanyak 191 Pengusaha Milenial. Pengujian dilakukan
dengan menggunakan Structural Equation Model yang menunjukan bahwa VL tidak berpengaruh
secara signifikan terhadap CP. Penggunaan ETL (β=0,588) untuk memediasi VL terhadap CP
lebih besar dibandingkan melaui Affective Commitment (AC) (β=0,52) di mana AC tidak
berpengaruh secara signifikan terhadap CP.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.