PENERAPAN IPTEK UNTUK UPAYA MENANGGULANGI PENURUNAN MUKA AIR TANAH DENGAN LUBANG RESAPAN BIOPORI

Dadiyono Amat Pawiro, Suwarto Suwarto, Ukiman Ukiman, Imam Nurhadi, Sutarno Sutarno, Mawardi Mawardi, Suparman Suparman, Wahjoedi Wahjoedi, Garup Lambang Goro, Royswan Isgandhi

Abstract


Pembuatan LRB adalah merupakan suatu teknik/metode untuk mengatasi permasalahan genangan air hujan dan penurunan muka air tanah. Semula air hujan bisa mengalir keselokan yang menuju ke sawah, lading dan sebagian meresap kedalam tanah. setelah adanya perubahan lahan  air ini terganggu dan tidak dapat meresap ke dalam tanah dengan baik. Berkurangnya resapan air kedalam tanah, pada musim kemarau sumur – sumur warga banyak yang mengalami kekeringan akibat air tanahnya mengalami penurunan/berkurang. 

Untuk mengatasi masalah ini, maka tim pengabdian mengadakan pengabdian kepada masyarakat untuk membuat LRB (Lubang Resapan Biopori), sehingga air hujan dapat meresap ke dalam tanah dengan baik yang pada akhir akan dapat meningkatkan kandungan air dalam tanah. Dengan demikian air tanah akan naik permukaannya. Metoda yang dipakai adalah 1) Mengadakan pendekatan pada warga masyarakat, 2)Mengadakan penyuluhan kepada warga masyarakat tentang penerapan lubang resapan biopri, 3) Mengadakan pelatihan dan praktek pembuatan LRB (Lubang Resapan Biopori) dengan pralon PVC.             

Setelah selesai pembuatan LRB dengan system pralon PVC  Ø 10 cm berlubang, diharapkan warga masyarakat dapat  mengatasi masalah genangan air hujan yang timbul dan juga dapat meresapkan air hujan kedalam tanah. Hal ini juga merupakan salah satu alternative dalam mengatasi penurunan muka air tanah secara bertahap. 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.