MEMBANGUN KELAYAKAN E-TOURISM BERBASIS VIDEO PANORAMA 360 DALAM RANGKA STRATEGI PUSH PROMOTE UNTUK MENGEKSPLORASI DAYA TARIK DESTINASI
Abstract
Penelitian ini membahas mengenai faktor-faktor pembentuk konten kreatif berbasis video 360 dalam rangka membangun strategi push promote di sektor pariwisata. Sampel penelitian ini sebanyak 81 calon wisatawan potensial yang ada di kota Semarang, teknik pengambilan sampel dilakukan dengan teknik random sampling. Penelitian ini menunjukkan faktor-faktor pembentuk konten kreatif berbasis video 360 dalam rangka membangun strategi push promote di sektor pariwisata dengan menggunakan pendekatan multivariat berupa analisis faktor pada calon wisatawan potensial yang menghasilkan fakta ilmiah bahwa terdapat empat faktor. Faktor pertama yaitu factor articulate host yang terdiri dari articulate intonation (loading factor 0,711), structured articulation (loading factor 0,776), persuasive articulation (loading factor 0,699), articulate identity (loading factor 0,595). Faktor kedua adalah factor visual frame characteristic yang terdiri dari camera focus (loading factor 0,516), visual saturation (loading factor 0,772), visual brightness (loading factor 0,683), dan animation effect (loading factor 0,770). Faktor ketiga yaitu factor point of view yang terdiri dari angle view (loading factor 0,638), object-oriented view (loading factor 0,787), distance view (loading factor 0,730), dan lettering view (loading factor 0,578). Faktor keempat yaitu factor adventure simulation content terdiri dari 360 technical simulation (loading factor 0,729), 360 destination simulation (loading factor 0,717), identity simulation (loading factor 0,895) dan quality simulation (loading factor 0,571).
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.