PENGUATAN EXPERIENTIAL LEARNING PADA SANTRI MELALUI MANAJEMEN WIRAUSAHA DAN PENDIRIAN “KANTIN SANTRI” PADA “PESANTREN DARUL KHOIR” KELURAHAN METESEH KECAMATAN TEMBALANG SEMARANG

Rifah Dwi Astuti, Andi Setiawan, Boedinono Boedinono, Sri Wahyuni

Abstract


Pendidikan kewirausahaan tidak hanya di ajarkan di sekolah umum saja, namun saat ini ilmu kewirausahaan sudah menjadi trend masa kini yang sudah banyak diterapkan oleh lembaga pendidikan berbasis pesantren. Pesantren dan Panti Asuhan “Darul Khoir” yang dikelola oleh Bapak Zainal beserta Ibu Irma sejak tahun 2013. Pesantren ini berlokasi di di Kelurahan Meteseh Kecamatan Tembalang Semarang dengan jumlah santri 35 orang. Pesantren ini mengusung program utama di Bidang Sosial, Pendidikan dan Dakwah. Sehingga dilokasi pesantren tersebut ada TPQ, TK dan Pengelolaan Yatim piatu serta anak-anak tidak mampu. Hasil observasi awal menunjukkan permasalahan Pesantren Darul Khoir 1) Membutuhkan adanya altenatif sumber ekonomi kreatif dan mandiri, hal ini dimaksudkan diperlukan penciptaan peluang usaha dengan mengedepankan usaha berbasis kreatifitas 2) Pelatihan manajemen wirausaha 3) Inkubator Bisnis bagi para santri Pesantren Darul Khoir dalam mendirikan kantin sebagai tempat belajar sambil praktek berwirausaha.

Politeknik Negeri Semarang, sebagai lembaga perguruan tinggi, sudah semestinya ikut ambil bagian dalam menyumbangkan pemikirannya untuk mendukung program wirausaha. Sumbangan pemikiran ini, bisa dilakukan dalam bentuk pemberian peningkatan kemampuan para santri dalam berwirausaha dan memberikan alternatif sumber ekonomi kreatif dan mandiri bagi Pesantren Darul Khoir melalui kantin santri. Kebutuhan akan referensi ilmiah menjadi luaran lain dari pengabdian ini selain pemberian materi pelatihan, bantuan peralatan dan permodalan kantin santri serta penguatan kelembagaan yang terpadu antara masyarakat, pemerintah dan Polines. Hasil pengabdian kepada masyarakat akan dirumuskan dalam bentuk Artikel Ilmiah, selanjutnya diharapkan dapat menjadi rujukan teoritis dan kegiatan pengabdian di masa datang.


Kata Kunci:Experiential Learning, Kewirausahaan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.