TECHNOPRENEURSHIP UMKM KOPI TEMANGGGUNG DALAM MENJALANKAN USAHA DAN MENGHADAPI PERSAINGAN

Sandi Supaya, Sri Wahyuni, Mardinawati Mardinawati, Makmun Riyanto

Abstract


Teknologi komputer dan sejenisnya belum banyak dimanfaatkan dalam menjalankan usaha dan menghadapi persaingan. Kreativitas dan inovasi dalam menjalankan usaha dan menghadapi persaingan masih perlu dikembangkan. Permasalahan yang akan diteliti dalam penelitian ini adalah bagaiman mendiskripsikan technopreneurship Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Kopi Temangggung dalam menjalankan usaha dan menghadapi persaingan. Target khusus dari penelitian ini adalah menghasilkan luaran publiasi ilmiah, buku Ajar (ISBN), dokumen modul pengembangan technopreneurship UMKM Kopi Temanggung. Metode pengumpulan data yang dipakai dalam penelitian ini adalah metode survey dengan menggunkan kuesioner dan wawancara. Responden terdiri dari pemilik dan pengelola UMKM kopi Temanggung yang produknya telah diikutkan dalam salah satu pameran bertaraf nasional, propinsi, kota, kabupaten. Skala Likert dengan gradasi dari sangat setuju sampai sangat tidak setuju digunakan untuk mengukur penilaian pendapat responden tentang pernyataan-pernyataan dalam kuesioner. Jawaban responden diberikan skor dan dianalisis dengan menggunakan rata-rata tingkat persetujuan responden terhadap pemahaman, penggunaan, inovasi dan kreativias penggunaan technopreneurship. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara rata-rata pemahaman, kemampuan, inovasi, dan kreativitas penggunaan technopreneurship dalam menjalankan usaha dan menghadapi persaingan adalah sangat bagus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah secara rata-rata pemahaman, kemampuan, inovasi, dan kreativitas penggunaan technopreneurship dalam menjalankan usaha dan menghadapi persaingan adalah sangat bagus. Aspek technopreneurship yang perlu ditingkatkan adalah pemahaman dan penggunaan technopreneurship untuk mendapatkan akses dan mengatur modal operasi. Aspek technopreneurship yang perlu dipertahankan adalah pemahaman technopreneurship untuk memasarkannya produk, penggunaan technopreneurship untuk mencari informasi, inovasi dalam pengembangan jaringan pemasaran produk, kreativitas dalam pengguaan technopreneurship untuk pengembangan jaringan pemasaran produk dan meningkatkan keunggulan bersaing.


Kata Kunci:technopreneurship, pemahaman, penggunaan, inovasi, kreatifitas

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.