PENERAPAN PEMASARAN ONLINE PADA KELOMPOK PENGRAJIN “OEMAH TUSAM KREATIF” BANYUMANIK SEMARANG

Mardinawati Mardinawati, Agus Suwondo, Eka Murtiasri, Ulfah Hidayati, Sarana Sarana

Abstract


Kelompok Pengrajin Oemah Tusam Kreatif  merupakan kelompok masyarakat yang membuat kerajinan tas dan dompet dari bahan rajut dan sulam pita. Kegiatan ini mempunyai tujuan untuk meningkatkan omset penjualan produk kerajinan yang terbuat dari rajut dan sulam pita bagi.  Permasalahan yang dihadapi adalah hasil produk kerajinan belum dikenal secara luas, dan kelompok belum menyusun laporan keuangan. Metode yang digunakan adalah memberikan praktek, pendampingan usaha, dan monitoring, dan pengadaan peralatan display produk, menambah sistem pemasaran baru secara online, serta menambah ketrampilan bagi anggota kelompok dalam menyusun laporan keuangan yang terdiri dari Harga Pokok Produksi (HPP), laporan Laba Rugi.    Kegiatan praktek lainnya dilaksanakan melalui aktivitas mendesain, mengupdate serta implementasinya pemasaran online,  dan praktek menyusun laporan keuangan berupa HPP, laporan laba rugi dan neraca menggunakan Microsoft Excel.  Praktek dilakukan pada kegiatan implementasi pemasaran online dan praktek menggunakan aplikasi Microsoft Excel dalam menyusun laporan keuangan. Monitoring dilakukan  selama kegiatan berlangsung dan  pada waktu kegiatan pendampingan. Output yang dihasilkan dari program ini adalah Sistem pemasaran berbasis online, omset penjualan meningkat 10%,  dokumen laporan keuangan, Artikel  ilmiah pada prosiding seminar nasional dan publikasi pada media masa. 

 

Kata Kunci: Rajut, sulam pita, online, laporan keuangan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.