PENERAPAN TEKNOLOGI PEMASARAN ONLINE PADA KELOMPOK BATIK TINULAR SIH TEMANGGUNG

Mardinawati Mardinawati, Ulfah Hidayati, Agus Suwondo

Abstract


Kelompok Batik Tinularsih, adalah kelompok pengrajin batik yang berasal dari Desa Manding Temanggung. Kelompok ini telah memproduksi batik tulis, dan batik cap kombinasi. Batik cap dikembangkan untuk memenuhi pangsa pasar segmen menengah dan bawah. Biasanya produksi batik cap untuk memenuhi permintaan pesanan pakaian seragam. Permasalahan yang dihadapi  Kelompok  Batik Tinularsih adalah hasil produk batik belum didisplay  pada etalase, pemasaran masih terbatas di kota Temanggung yang dipasarkan melalui pameran, dan  melalui  teman untuk dijual ke dalam dan luar kota Temanggung, serta dijual melalui media sosial. Permasalahan lainnya adalah  belum mampu menyusun laporan penjualan dengan menggunakan komputer. Tujuan kegiatan ini untuk memperluas jangkauan pemasaran, meningkatkan omzet penjualan, meningkatkan pendapatan, meningkatkan kualitas produk, menambah ketrampilan dalam implementasi pemasaran online dan membuat laporan penjualan. Untuk mencapai tujuan tersebut  ditempuh melalui penambahan model pemasaran baru berbasis online, pengadaan etalase untuk display produk, serta menambah ketrampilan bagi anggota kelompok dalam menyusun laporan penjualan. Metode yang digunakan adalah memberikan praktek, pendampingan usaha, dan monitoring. Praktek mengaplikasikan pemasaran ber basis online, praktek mendisplay produk pada etalase serta praktek menyusun laporan penjualan. Output yang dihasilkan dari program ini adalah Website sistem pemasaran batik, display kain batik pada etalase,  penjualan naik 15%, kualitas produk batik meningkat, dokumen laporan penjualan, publikasi  ilmiah pada prosiding seminar nasional dan publikasi pada media masa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.