DESAIN MODEL PEMASARAN EKSPERIENTIAL PENGRAJIN KOPI TEMANGGUNG

Sandi Supaya, Rif'ah Dwi Astuti, Sri Wahyuni, Rusmini Rusmini

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah mendesain model pemasaran eksperiential untuk meningkatkan retensi
pelanggan. Data dikumpulkan dari para pelanggan kopi Temanggung yang membeli kopi secara langsung
melalui pengrajin kopi Temanggung. Teknik analisis koefsien korelasi digunakan untuk membangun
konstruk indikator dan variable penelitian, analisis regresi digunakan untuk mendesain model pemasaran
eksperiential. Dari hasil penelitian ini diperoleh simpulan bahwa terdapat lima jenis Pemasaran
Eksperiential yang dapat digunakan pemasar untuk meningkatkan retensi pelanggan yaitu pengalaman
sensorik (Perasa), pengalaman afektif (Rasa), pengalaman kognitif kreatif (Pikir), pengalaman fisik,
perilaku dan gaya hidup (Tindakan) dan pengalaman sosial-identitas yang dihasilkan dari yang hubungan
dengan kelompok referensi atau budaya (Hubungan). Pengalaman sensorik (Perasa) memberikan pengaruh
positf dan signifikan yang paling besar terhadap Pemasaran Eksperiential, oleh karena itu dalam
meningkatkan retensi pelanggan disarankan untuk fokus memberikan pengalaman kepada pelanggan
individu melalui lima indera manusia, yaitu penglihatan, pendengaran, penciuman, rasa dan sentuhan. Hal
ini akan memberikan kesenangan, kegembiraan dan kepuasan estetika kepada pelanggan. Untuk menguji
pengaruh pemasaran pengalaman sensorik, pengalaman afektif, pengalaman kognitif kreatif, pengalaman
fisik, perilaku dan gaya hidup dan pengalaman sosial-identitas yang dihasilkan dari yang hubungan dengan
kelompok referensi atau budaya terhadap pemasaran Eksperiential, maka di masa depan perlu dilakukan
penelitian dengan menggunanakan responden dalam jumlah yang mencukupi. Luaran dari penelitian ini
adalah desain model pemasaran eksperiential untuk meningkatkan retensi pelanggan kopi Temanggung,
artikel ilmiah, dan materi kuliah Manajemen Pelanggan.
Kata kunci: retensi, pelanggan, pengalaman, rasa, pikir


Full Text:

PDF

References


Adeosun, Ladipo Patrick Kunle; Rahim Ajao Ganiyu. 2011. Experiential Marketing:

An Insight into the Mind of the Consumer. Asian Journal of Business and

Management Sciences, Vol. 2 No. 7

Goel, Pankaj; Chandra Katari. 2008. Experiential Marketing for Airlines Industry.

http://www.slideshare.net/GoelPankaj/experiential-marketing-2942893

Liu, Yan; Leslie Stoel. 2013. Winning Consumers Through Experience: Competitive

Between Domestic and International Business. Americal Journal Industries Vol. 3

No. 3

Mukidi. 2018. Matematika Kopi Mukidi. Jakarta: Tempo Publishing

Muthiah, Krishnaveni; S. Suja. 2013. Experience Marketing A Designer of Pleasurable

and Memorable Experience. Jouran of Business Management & Social Sciences

Research, Vol. 2 No. 3

Schmittt, B. 1999. Experiential Marketing . Journal of Marketing Mangement, Vol 15

No 1-3

Thomson, Sarah-Eck; Brook Jay. 2013. Experience Marketing Is The New Integrated

Marketing Model. http://www.chiefmarketer.com/experience-marketing-is-thenew-

integrated-marketing-model/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.