POLITEKNIK NEGERI SEMARANG DALAM MENULISKAN SUATU NARASI UNTUK MEMPROMOSIKAN KAWASAN DESTINASI WISATA

Pandiya Pandiya, Nurul Hamida

Abstract


Kemampuan menulis memiliki peran penting bagi seseorang baik dalam kehidupan
bermasyarakat secara umum maupun dalam meniti suatu karir. Penelitian ini bertujuan untuk
mengetahui kemampuan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang dalam
menuliskan suatu narasi untuk mempromosikan kawasan destinasi wisata. Data penelitian ini
lebih bersifat primer dan kualitatif yang langsung diperoleh dari Mahasiswa Jurusan
Akuntansi Politeknik Negeri Semarang. Jumlah sampel dalam penelitian ini mencakup 26
orang mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang. Teknik pengambilan
sampel yang dipilih yaitu mahasiswa yang telah memperoleh mata
kuliah Bahasa Inggris 1 (General English 1). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan
pemberian tes menulis narasi pada responden terpilih. Hasil analisis data menunjukkan bahwa
61.5 % responden menuliskan narasi dengan dilengkapi keterangan waktu lampau (Past
Tense Time Signal); sedangkan sisanya 38.5 % responden menuliskan narasi tanpa
dilengkapi keterangan waktu lampau (Past Tense Time Signal). Ragam peristiwa/kejadian
yang difavoritkan oleh responden adalah wisata alam sebesar 76.9 %; sedangkan sisanya
sebesar 23.1 % responden memilih wisata lainnya; seperti wisata edukasi, sejarah, budaya,
dan kuliner. Ragam narasi yang dipilih responden adalah narasi ekspositoris sebesar 100 %
(semua responden); sehingga tak satupun responden yang memilih narasi sugesti (0 %).
Ragam kawasan destinasi wisata yang dipilih responden mencakup Jateng (34.6 %), DIY
(34.6 %), Jatim (3.8 %), Bandung (Jabar) (3.8 %), Jakarta (3.8 %), Jakarta dan Bandung (3.8
%), Bali (11.5 %), dan Bali dan Lombok (3.8 %).
Kata kunci: kemampuan menulis, primer, kualitatif, narasi, dan destinasi wisata.


Full Text:

PDF

References


Azar, Betty Schrampfer. 2002. Understanding and Using English Grammar. Third Edition.

New York: Pearson Education. ISBN 0-13-097605-9.

Azwar, Saifuddin. 2010. Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar. ISBN: 979-9075-

-0.

Dirjen Dikti. 2013. Modul Bahasa Indonesia Untuk Perguruan Tinggi.

http://lensapelancong.blogspot.com/2013/03/macam-macam-wisata.html. Diunduh tgl 29 Mei

jam 03.28 am.

McLean, Scott and Murray Moman. 2012. Communication for Business Success. Canadian

Edition v.1.0.

Pandiya, et. al. 2014. Kemampuan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri

Semarang Dalam Mempromosikan Suatu Produk (Hasil Penelitian).

.................... 2018. Gaya Bicara Pada Staf Pengajar Jurusan Akuntansi Politekinik Negeri

Di Dalam Kegiatan Proses Belajar Belajar (Hasil Penelitian).

Politeknik Negeri Semarang. 2012. English for Academic Purposes. (For Internal use only).

Romangsi, I Nyoman, et. al. 2015. Kemampuan Mahasiswa Jurusan Akuntansi Politeknik

Negeri Semarang Dalam Presentasi Lisan Bisnis Dalam Bahasa Inggris (Hasil Penelitian).

Saleh, Mursid. 2008. Enam Tradisi Besar Penelitian Pendidikan Bahasa. Semarang: Unnes

Press. Cetakan Pertama. ISBN 979 1006 59 8.

Suwandi. 2016. UPGRIS Tambah Guru Besar. Harian Umum Suara Merdeka, edisi 18 Nopember

Zees, Sri Rahayu, et. al. 2010. Kemampuan Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris

Mahasisawa Jurusan Akuntansi Politeknik Negeri Semarang Dengan Metode

(Hasil Penelitian).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.