KESALAHAN GRAMMAR PADA PENULISAN ABSTRAK TUGAS AKHIR DAN SKRIPSI MAHASISWA JURUSAN AKUNTANSI, POLINES

Nurul Hamida, Pandiya Pandiya

Abstract


melibatkan proses evaluasi dan penilaian. Desain perkuliahan yang baik harus mempunyai
sistem penilaian dan evaluasi yang baik, agar bisa mengukur pencapain hasil pembelaran
dengan baik. Dan penilaian akhir dari keseluruhan proses pembelajaran mahasiswa selama
masa studinya adalah pembuatan Tugas Akhir atau Skripsi. Oleh karenanya, salah satu
persyaratan kelulusan bagi mahasiswa Politeknik Negeri Semarang adalah adanya
kewajiban untuk membuat Tugas akhir bagi mahasiswa Program Diploma 3 (D3) dan
kewajiban membuat skripsi bagi mahasiswa program Diploma 4 (D4). Untuk menjamin
kualitas Tugas Akhir dan Skripsi mahasiswa perlu dilakukan terhadap
penggunaan grammarnya. Obyek penelitian ini terdiri dari: mahasiswa dan staf pengajar
Bahasa Inggris di Program Studi Akuntansi di jurusan Akuntansi POLINES dengan
mengambil 10 sample dari masing-masing prodi (6 Prodi) sehingga totalnya ada 60 sample.
Sedangkan metode analisa data penelitian ini menggunakan deskriptive analysis terhadap
abstrak TA dan skripsi mahasiswa. Hasil analisa data menunjukkan bahwa dari 7 katagori
kesalahan grammar, terdapat 2 katagori yang mempunyai prosentase kesalahan grammar
kesalahan
grammar yang lainnya mempunyai prosentase yang kecil dan tidak signifikan besarnya,
yaitu antara lain kesalahan
, kesalahan gramm , dan yang prosentasenya
paling kecil adalah kesalahan grammar dalam
pembahasan ini bisa menjadi masukan bagi pengajar bahasa Inggris dalam melakukan
pembelajaran dengan memberikan penekanan pada kesalahan grammar yang banyak
dilakukan oleh mahasiswa, sehingga bisa meminimalisir kesalahan tersebut diwaktu
mendatang.
Kata kunci:
tugas akhir, abstrak, error analysis, kesalahan grammar, katagori kesalahan
grammar


Full Text:

PDF

References


Alderson, J.C. (2000). Assesing Reading. Cambridge: Cambridge Univeristy Press.

Bachman, L.F; 2002. Some Reflection on Task Based Language Performance Assesment.

Language Testing: Cambridge University Press

Bootchyui, Tiptida. 2008. An Analysis of Error in Academic English Writing by Group of

First Year Thai Graduates Majoring in English. Thesis. Kasetsart University.

Thailand.

Brown, H. D. 2001. Principles of Language Learning and Teaching. New Jersey. Prentice

Hall Inc.

Corder, S. Pit. 1982. Error Analysis and Interlanguage. New York. Oxford University

Press.

Dulay, H.et al. 1982. New York. Oxford University Press.

Murcia, M. C. dan Hilles S. 1995. Techniques and Resources in Teaching Grammar. New

York. Oxford University Press.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.