SERVICE QUALITY PERFORMANCE (SERVPERF) DALAM PROSES PENYELESAIAN SKRIPSI MAHASISAM PROGRAM STUDI ADMINISTRASI BISNIS TERAPAN (D IV) JURUSAN ADMINISTRASI BISNIS POLITEKNIK NEGERI SEMARANG
Abstract
Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa semester 8 (tingkat akhir) tahun
akademik 2018/2019 pada Program Studi Administrasi Bisnis Terapan (DIV)
Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Semarang sebagai populasi kelas
4ABT yang berjumlah 44 mahasiswa sedangkan responden berjumlah 40
mahasiswa. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan
kuessioner. Sampel dalam penelitian ini dengan teknik purposive sampling.
Teknik penelitian ini akan mengunakan dua pendekatan: 1). Haasil Analisis
Indeks Kepuasan Pelanggan, 2) Analisis Performance >Informance Rating
(Diagram Kartesius) dan 3). Analisis Regresi Linier Berganda.
Kualitas Layanan Program Studi Administrasi Bisnis Terapan (DIV) Jurusan
Administrasi Bisnis dalam menyelesaikan skripsi. Responden merasa puas untuk
Dimensi Keandalan, Daya Tanggap dan Empati sedangkan Dimensi Bukti
Langsung dan Jaminan responden Cukup Puas sedangkan Hasil Analisis
Performance >Informance Rating (Diagram Kartesius) Untuk semua Dimensi
yaitu Bukti Fisik, Dimensi Keandalan, Daya Tanggap, jaminan dan Empati
berada di kuadran II, yang menunjukkan bahwa pelayanan Prodi Administrasi
Bisnis Terapan dalam proses penyelesaian skripsi mahasiswa tinggi dan sesuai
dengan tingkat kepentingan mahasiswa. Analisis Regresi Linier Berganda
diperoleh persamaan regresi sebagai berikut:
Y = 0,584 + 0,283 (X1) + 0,015 (X2) + 0,090 (X3) + 0,338 (X4) + 0,227 (X5)
Hasil analisis terdiri dari fisik (tangible), Jaminan (assurance), dan empati
(empathy) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan mahasiswa
bimbingan skripsi sedangkan keandalan (reliability), daya tanggap
(responsiveness) tidak berpengaruh signifikan terhadap Kepuasan mahasiswa
bimbingan skripsi, dengan nilai Adjusted R2 sebesar 0,818. Hal ini berarti 81,8 %
variansi kepuasan mahasiswa bimbingan Skripsi Prodi Administrasi Bisnis
Terapan yang dapat dijelaskan oleh variansi variabel Tangibles, Reliability,
Responsiveness, Assurance, dan Emphaty. Sedangkan sisanya 18,2 %) dijelaskan
oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Kata Kunci : Service Quality Performance (SERVPERF) : Tangible, Reliability,
Responsiveness, Assurance dan Empaty
426
Full Text:
PDFReferences
Carrell, Michael R, Jennings, Daniel F, dan J D Heavrin, Christina. 1997.
Fundamentals of Organizatinal Psychology. New Jersey, Prentice Hall Inc.
Fatmawati, Vita dan Sari, Tria Puspita. 2015. Hubungan Antara Stress Dengan
Kesiapan Dalam Menghadapi Karya Tulis Ilmiah. Jurnal PROFESI,
Volume 12, Nomor 2, Maret 2015 Studi Ilmu Keperawatan di Universitas
Diponegoro. Skripsi. Semarang: UNDIP Halaman 42;45
Istiningtyas, Listya. 2015 Survey Kepuasan Alumni Terhadap
Kualitass Pelayanan Program Studi Psikologi Islam Fakultas
Ushuludin Dan Pemikiran Islam UIN Raden Fatah Palembang
Vol 1No2 Desember 2015
Primadita, 2011. Hubungan antara Pengetahuan dengan Tingkat Stress dalam
Menghadapi Ujian Akhir pada mahasiswa Program St
Putra, Ichsan S dan Pratiwi, Ariyanti. 2005. Sukses dengan Soft Skills. Bandung:
Institut Teknologi Bandung.
Riggio, Ronald E. 1990. Introduction to Industrial / Organizational Psychology.
Glenview, Illinois: Scott, Foresman / Little, Brown Higher Education.
Robbins, Stephen P. 1989, Organizational Behavior. New Jersey : Prentice Hall
International Inc.
Sasongko, Felita dan Subagio, Hartono. 2013. Pengaruh Kualitas
Layanan Terhadap Kepuasan Pelanggan.Jurnal Manajemn
Pemasaran, Universitas Kristen Petra, Surabaya Vol1No 2
(2013) 1-7
Sugandi, Lianna.2014. Pengaruh Teknologi Informasi Untuk Meningkatkan
Pelayananan Dalam Proses Belajar Mengajar. Binus University, Jakarta,
ComTech Vol 5 No 2 Desember 2014: 939-953
Sugiyono, 2009. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung:
Alfabeta
Tatan, Z.M. 2011. Analisis Prokrastinasi Tugas Akhir/Skripsi. Jurnal Formatif 2
(1): 82-89, ISSN: 2008-351X
Timpe, A.D.2000. Mengelola Waktu: Seri Manajemen Sumber Daya Manusia.
Jakarta: PT Elex Media Komputindo
Tondok, Marselius Sampe et al. Anima Indonesian Psycological Journal 2008,
Vol 24 No 1,
Utaminingtyas, Rr Ririn B, 2012. Pengembangan Kepribadian (BPKM).
Semarang : Politeknik Negeri Semarang.
Utaminingtyas, Rr Ririn B. 2008. Kepemimpinan (BPKM). Semarang: Politeknik
Negeri Semarang. Politeknik Negeri Semarang.
Zuama, Shofiyanti Nur. 2013. Kemampuan Mengelola Stress Akademik Pada
Mahasiswa yang Sedang Skripsi Angkatan 2009. Program Studi PG Paud.
(Jurnal)
Refbacks
- There are currently no refbacks.