HUBUNGAN ANTARA PRESTASI BELAJAR DENGAN RELIGIUSITAS DAN MOTIVASI BELAJAR MAHASISWA TINGKAT AKHIR DI JURUSAN AKUNTANSI POLINES

Moh. Hasanudin, Marliyati Marliyati, Sri Murtini, Retno Retno, Resi Yudhaningsih

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis pola hubungan variabel religiusitas, motivasi
belajar pada prestasi akademik pada mahasiswa tingkat akhir di Jurusan Akuntansi Polines.Penelitian ini
menggunakan metode pengumpulan data dengan kuisioner. Populasi dalam penelitian ini adalah
mahasiswa semester akhir di Jurusan Akuntansi polines. Pemilihan sampel dalam penelitian dilakukan
dengan teknik purposive sampel. Jumlah sampel yang diperoleh dalam penelitian ini sebanyak 191
responden. Metode analisis yang digunakan yaitu penelitian ini adalah menggunakan analisis non
parametrik uji kruskal – wallis dengan menggunakan SPSS Versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan
bahwa 1) tidak ada hubungan yang signifikan antara indeks prestasi akademik IPK dan religiusitas pada
mahasiswa tingkat akhir di Jurusan Akuntansi, 2) ada hubungan yang signifikan antara religiusitas islam
dan motivasi berprestasi pada mahasiswa tingkat akhir Jurusan Akuntansi, 3) tidak ada hubungan yang
signifikan antara indeks prestasi akademik (IPK) dan motivasi berprestasi pada mahasiswa tingkat akhir
Jurusan Akuntansi.
Kata kunci: Prestasi akademik, motiviasi, religiusitas, mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Albright, C.R., & Ashbrook, J.B. 2001.Where God lives in the human brain. Naperville, IL: Sourcebook.

Agus Mukhlasin (2003), Hubungan Religiusitas Dengan Motivasi belajar Bahasa Arab pada siswa kelas

dua di MAN III Yogyakarta. Skripsi, Fakultas Tarbiyah, IAIN Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Ancok, D., dan Suroso, F.N. (2001). Psikologi Islami: Solusi Islam atas Problem-Problem Psikologi.

Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Arkhina Dwi Nugrahini (2013), Hubungan Antara Religiusitas dengan Motivasi Belajar PAI Siswa Kelas

XI SMA IT Abu Bakar Jogjakarta, Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah

Surakarta.

Ghufron, M. N., Psikologi Epistemologis: Kepercayaan tentang Hakekat Pengetahuan dan bagaimana

Mengetahui Perspektif Psikologi, Yogyakarta: Penerbit Idea Press, 2012, hal 57

Handrix Chris Haryanto (2016) Apa Manfaat Dari Agama? (Studi Pada Masyarakat Beragama Islam Di

Jakarta)

Indriantoro, Nur, dan Supomo, Bambang, 1999, Metodologi Penelitian Bisnis Untuk Akuntansi dan

Manajemen, Edisi Pertama, Penerbit BPFE, Yogyakarta.

Jalaluddin., 2008., Psikologi Agama (ed. Revisi), Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Mangunwijaya, Y. B. (1982). Sastra dan Religiusitas. Jakarta: Sinar Harapan.

Nana Syaodih. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Pargament, K.I. 2002. The bitter and the sweet: An evaluation of the costs and benefits of

religiousness.Psychological Inquiry, 13(3), 168–181.

Paragement, K.I., The Psychology of religion and spirituality? Yes and No. The International Journal for

the Psychology of Religion, 9, 1999, hal 15

Purwanto, Edy. 2014. Model Motivasi Trisula: Sintesis Baru, Teori Motivasi Berprestasi.Jurnal Psikologi.

Vol 41, No. 2, hal 218-228. Diunduh pada tanggal 29 Agustus 2018. Melalui:

https://jurnal.ugm.ac.id/jpsi/article/download/6951/5412

Rifai, Achmad & Catharina Tri Anni. 2012. Psikologi Pendidikan. Semarang: Unnes Press.

Reyes, G.,M., Spirituality and Religiosity; They Relation to academic achievement of undergraduate

College Students, Dissertation, Northern Arizona University, 2006, hal 12.

Subini, Nini. 2011. Mengatasi Kesulitan Belajar Pada Anak.Yogyakarta: Javalitera

Sujarwo.2011. Motivasi Berprestasi Sebagai Salah Satu Perhatian Dalam Memilih Strategi Pembelajaran.

Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta. Diunduh pada tanggal 11 Maret 2018.

Melalui:http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian/Dr.%20Sujarwo,%20M.Pd.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.