PENERAPAN DIGITAL MARKETING DALAM UPAYA PENINGKATAN PENJUALAN TOKO OLEH-OLEH DANISA

Liliek Triyono, Tri Raharjo Yudantoro, Sukamto Sukamto

Abstract


Toko Oleh-oleh Danisa berdiri tahun 2011, terletak di dekat pintu keluar dan masuk jalan
Tol Banyumanik dan dikelilingi oleh pemukiman dan kos mahasiswa. Lokasi yang strategis
ini merupakan keuntungan geologi yang harus dimanfaatkan betul hingga yang akan
berencana lewat jalur tersebut tidak hanya lewat saja (karena belum tahu ada toko oleh-oleh
khas), melainkan juga singgah untuk membeli produk yang disediakan oleh toko Danisa.
Perlunya media publikasi yang tepat dan tersebar yang tidak perlu memakan banyak biaya
sangat dibutuhkan oleh toko Danisa yang masih dalam kategori Usaha Kecil Menengah
(UKM). Kegiatan pengabdian masyarakat kompetitif bertujuan untuk meningkatkan
penjualan produk yang dijual pada Toko Oleh-oleh Danisa dengan mode penjualan yang
menyesuaikan dengan tren pasar sekarang. Peningkatan ini dilakukan dengan cara
memberikan model transaksi dan publikasi yang menggunakan teknologi internet untuk
memperluas target lokasi pembeli. Penggunaan transaksi online dengan menggunakan
prinsip toko online dipilih karena ketepatan dari permasalahan yang dihadapi oleh Toko
Danisa sendiri. Dengan dibangunnya toko online ini tidak serta merta akan langsung
mendatangkan banyak pembeli, diharuskan adanya publikasi yang tidak bisa untuk
mengarah pasar yang tepat. Salah satunya dengan menggunakan teknik Digital Marketing
yang mengoptimalkan toko online dengan kata kunci-kata kunci yang sudah dianalisa
sebelumnya. Iklan pada platform ternama seperti Google dan Facebook menjadi pilihan
selanjutnya untuk meningkatkan populeritas toko online dan produk dari toko Danisa. Dari
toko online dengan mengupayakan perbaikan SEO yang tepat dan promosi pada platform
terkenal tersebut pembeli baru bahkan yang tidak kenal sebelumnya pun akan tahu. Iklan
juga dapat disasarkan pada pengguna yang spesifik sehingga produk toko Danisa yang lebih
cocok untuk orang dewasa tersebut dapat diiklankan dengan menarget mereka. Kegiatan
pengabdian telah berhasil dilakukan, dengan membuatkan website dengan yang ramah SEO
dengan nilai 92 pada Lighthouse. Toko online juga memiliki Load Time 5.129s, document
complete membutuhkan waktu 5,129s dan Fully loaded membutuhkan waktu 5,526s.
Pengujian dilanjutkan dengan pemberian iklan google ads didapatkan 197 pengunjung pada
tiga hari pertama, bergantian tiga hari selanjutnya dengan facebook ads didapatkan 206
pengunjung dan ketika tiga hari selanjutnya keduanya diaktifkan didapatkan 437
pengunjung. Pengunjung kebanyakan memakai perangkat mobile untuk mengakses iklan
dengan rata-rata untuk seluruh transaksi diangka 93%. Hal ini bisa membantu
mempromosikan Toko Danisa pada warga Internet yang secara langsung akan
memperkenalkan produk dan menarik pembeli untuk datang ke Toko Danisa atau bisa
memesan lewat fasilitas toko online. Hal ini dilihat dari penyebaran iklan dengan jumlah
klik yang menandakan ketertarikan pengunjung untuk melihat-lihat toko meningkat dalam
masa iklan. Dengan mempermudah akses pedagang untuk melakukan transaksi lewat
mobile dengan Tablet PC dan modem mifi yang menghubungkan penjual dengan pembeli
secara langsung.
Kata Kunci: Digital Marketing, Toko Online, SEO, Facebook Ads, Google Ads


Full Text:

PDF

References


Enterprise, J. (2017) Trik SEO Untuk Toko Online. Elex Media Komputindo.

Komputer, W. (2013) Android for Online Business. Elex Media Komputindo.

Komputer, W. (2015) Membuat Toko Online Dengan Wordpress & Wp E-Commerce.

Elex Media Komputindo.

Rahman, S. (2016) Buku Pintar SEO.

Royan, F. M. (2013) Strategi Sukses Memasarkan Produk Baru. Elex Media

Komputindo.

WORKS!, I. (2017) Creative Photo:Foto Produk Murah & Wah! Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.