PELATIHAN PENGELOLAAN SISTEM PEMBELAJARAN BERBASIS E-LEARNING MENGGUNAKAN SOFWARE EDMODO UNTUK GURU-GURU SMPIT PAPB KOTA SEMARANG

Tri Raharjo Yudantoro, Slamet Handoko, Sukamto Sukamto, Liliek Triyono

Abstract


Kegiatan pengabdian masyarakat kompetitif Progam Studi Teknik Informatika Politeknik Negeri
Semarang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan skill bagi guru-guru SMP Islam Terpadu PAPB
dalam menerapkan sarana pembelajaran alternatif menggunakan media E-Learning. Peningkatan
keterampilan ini dilakukan dengan cara memberikan pelatihan pengelolaan sistem pembelajaran
berbasis E-Learning menggunakan software Edmodo. Metode pembelajaran makin berkembang untuk
melengkapi metode konvensional yang diterapkan pada sekolah-sekolah. Target khusus yang hendak
dicapai pada kegiatan ini adalah jumlah guru yang terampil mengelola bahan ajar multimedia basis ELearning
sebanyak 10 orang, makalah yang dipublikasikan pada jurnal pengabdian masyarakat, dan
model pelatihan penggunaan Edmodo. Metode yang diterapkan meliputi observasi dan diskusi terhadap
kebutuhan peningkatan skill guru dalam mengelola bahan ajar multimedia mengggunakan E-Learning,
penyediaan alat-alat pendukung, pelatihan, dan evaluasi kegiatan pengabdian. Kegiatan ini
direncanakan dalam waktu 5 bulan. Bulan pertama berupa observasi dan diskusi tentang penguasaan
skill pengelolaan E-Learning menggunakan Edmodo dilanjutkan dengan penyediaan peralatan. Bulan
kedua berupa pelatihan yang dilanjutkan pembuatan bahan ajar multimedia dan pengelolaannya dengan
menggunakan Edmodo. Bulan ketiga sampai keempat dilakukan supervisi terhadap penggunaan ELearning.
Publikasi dilakukan pada bulan keempat dilanjutkan evaluasi dan pembuatan laporan pada
bulan kelima. Diharapkan kegiatan ini akan memberikan dampak berupa peningkatan skill dan
pengayaan metode mengajar dengan memanfaatkan aplikasi Edmodo untuk mengelola E-Learning
sehingga bisa melengkapi metode konvensional yang sudah ada sebelumnya.
Kata Kunci : media pembelajaran, multimedia, E-Learning, Edmodo, SMPIT PAPB


Full Text:

PDF

References


Alif Rahardhika Nurdani(2016),

“Penggunaan Media Edmodo Untuk

Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada

Mata Pelajaran Dasar-Dasar Perhitungan

Survei Pemetaan Kelas X Geomatika SMK

N 3 Salatiga Dan SMK N 1 Kedungwuni

Pekalongan”

Dharmawati(2017)”Penggunaan Media

e-Learning Berbasis Edmodo Dalam

Pembelajaran English for Business”

QUERY: Jurnal Sistem Informasi Volume:

, Nomor: 01, April 2017 ISSN2579-5341

(online)

Noor Emmy Ekawati(2018)”Application

of Blended Learning with Edmodo

Application Based on PDEODE Learning

Strategy to Increase Student Learning

Achievement”

Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA Vol. 8, No.

, April 2018, pp. 7-16

Sobhian Bagaspati susiolo,dkk.(2019)

”Perbandingan usability learning

management system Edmodo dan Google

classroom menggunakan heuristic

walktrought (studi kasus: SMKN 1

Malang)”Jurnal Pengembangan Teknologi

Informasi dan Ilmu Komputer.

Vol 3 no 6 juni 2019


Refbacks

  • There are currently no refbacks.