ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENCAPAIAN SCORE TOEIC MAHASISWA TEKNIK SIPIL POLITEKNIK NEGERI SEMARANG

Sriwahyuningsih Sulaiman, Yusetyowati Yusetyowati, Puji Wahyumi, Wildana Latif Mahmudi, Royswan Isgandhi

Abstract


Score TOEIC International >550 memperlihatkan kualitas lulusan Politeknik Negeri Semarang yang
profesional, karena Score > 550 mencerminkan profisiensi komunikasi bahasa inggris yang mampu membantu
pekerjaannya di dunia industri. Dari hasil analisis perolehan score TOEIC pada penelitian tahun 2019 yang dilakukan
pada mahasiswa D 3, Klas 3A, B, C, D jurusaan Teknik Sipil tahun 2018/ 2019 menunjukkan rata rata score TOEIC
adalah: 431. Penelitian ini bersifat deskriptive kuantitatif. Data yang telah diambil di deskripsikan dengan
menggunakan diagram tabel yang didapat dari kuesioner yang telah dibagikan kepada responden. Kuesioner tersebut
telah di uji reabilitasnya terlebih dahulu. Selanjutnya dari hasil analasis data dilakukan pemetaan dan analisis
kualitatif. Hasil analisis tersebut yaitu belum tercapainya score TOEIC > 500 disebabkan karena kurangnya persiapan
dari mahasiswa sebelum tes, yaitu 46 mengatakan tidak memepersiapkan dengan baik, 26 orang mengatakan
mempersiapkan dengan baik dan hanya satu orang yang mempersiapkan diri dengan sangat baik , hal ini dibuktikan
dengan hanya 2 orang yangmemperolehscore>700,6mahasiswamemperolehscore651-700dan5mahasiswa memperoleh
601-650, 6 mahasiswa memperoleh 551-600, 9 mahasiswa memperoleh 501-550 dan 46 mahasiswa
memperolehscore dibawah500. Didapatkan pula bahwa kurang dari 10 % jumlah mahasiswa yang belajar via on line
(el nino) yaitu latihan mengerjakan test TOEIC yang sudah disiapkan oleh UPT Bahasa sebelum mahasiswa mengikuti
test. Topik yang diberikan kepada mahasiswa yang dianggap sedikit membantu atau tidak membantu pemahaman
materi TOEIC akan dikaji ulang. Untuk topik yang dianggap sedikit membantu pemahaman dalam mengerjakan test
TOEIC maka akan ditambahkan sesi listening dan reading sedangkan topik yang dianggap tidak membantu
pemahaman TOEIC maka akan diganti topik lain, sehingga latihan dari materi yang dibahas akan sangat membantu
mahasiswa dalam memahami dan mengerjakan tes TOEIC dengan harapan score TOEIC mahasiswa akan meningkat
menjadi minima500.

Kata Kunci: Score TOEIC, materi, topik.


Full Text:

PDF

References


Aji, Adiyoso. 2005. Upaya Meningkatkan Kemandirian Dan Hasil Belajar mahasiswa Melalui

Bahan Ajar Fisika Berbasis Web. Tesis. Universitas Negeri Semarang.

Ali, Mohammad. 1982. Penelitian Kependidikan Prosedur dan Strategi. Bandung: Angkasa

Bandung.

Best, J.W. 1981. Research in EducatioQ. Prentice Hall, New Jersey

Dudley-Evans, A. and John, St. 1998. Developments in English for Specific Purposes: A

Multidisciplinary Approach. Cambridge: Cambridge University Press.

Johnson, R.K. 1989. The Second Language Curriculum. Cambridge University Press. Cambridge

Margono,S. 2003. Metodologi Penelitian Pendidikan. Rineka Cipta. Jakarta Richard,

J.C.2001. Curriculum Development in Language Teaching. Cambridge

University Press. Cambridge

Syaodih, N. 2007. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT.Remaja

Rosdakarya.

Sasongko,dkk.2015. Pengembangan Bahan Ajar Mata Kuliah Bahasa Inggris Bervisi Science,

Environment, Technology dan Society . Politeknik Negeri Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.