PENDAMPINGAN PENGEMBANGAN PEMBUATAN MATERI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTI MEDIA, PADA SEKOLAH TAMAN KANAK KANAK (TK) WANITA ISLAM 1 dan 2 , di KECAMATAN KOTA KUDUS

Muhammad Asrori

Abstract


Pendidikan anak usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir
sampai dengan usia 6 (enam) tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan
untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan jasmani dan rohani . Pendidikan Taman
Kanak-kanak yang sering disebut TK merupakan salah satu bentuk pendidikan anak usia
dini yang memiliki peran penting untuk mengembangkan kepribadian anak serta
mempersiapkan mereka memasuki jenjang pendidikan selanjutnya. Tidak mengherankan
apabila banyak negara menaruh perhatian yang sangat besar terhadap penyelenggaraan
pendidikan ini dan dalam pelaksanaannya diperlukan sinergitas antara tenaga pengajar, tenaga
penyerta dan anak didik demi mendapatkan hasil yang maksimal.
Wanita Islam adalah organisasi sosial kemasyarakatan yang berazas Islam dan bersifat
independent, tidak tergantung pada individu, ormas/ parpol maupun organisasi lainnya. Wanita
Islam mengembangkan kegiatan dalam progran khusus dan umum yang diklasifikasikan melalui
bidang bidang termasuk antara lain mengelola pendidikan khususnya PAUD /TK, TKA/TPA.
Organisasi Wanita Islam Cabang Kudus telah melakukan berbagai kegiatan termasuk
mengelola pendidikan yakni Taman Kanak Kanak (TK) di dua tempat yakni TK Wanita
Islam 1 di desa Dalangan dan TK Wanita Islam 2 di desa Barongan kecamatan Kota Kudus.
Dalam perkembangannya diperlukan peran Perguruan Tinggi melalui program
Pengabdiankepada Masyarakat
Permasalahan Mitra : a). Aspek sumber daya manusia : Masih minimnya pengetahuan
tentang adminitrasi pengelolaan sekolah b). Aspek penggunaan media pembelajaran yakni
materi dan penggunaaan teknologi pembelajaran yang masih terbatas c). Aspek sarana /
prasarana alat bantu pembelajaran: belum adanya LCD sebagai alat untuk menampilkan
teknologi interaktif
Metode yang diterapkan dalam program ini adalah: a). Pelatihan, b). Pendampingan, c)
Bantuan teknologi /alat d). Monitoring dan feed back
Kegiatan/ program yang direncanakan adalah: a). Pelatihan/ Pendampingan pembuatan
materi pembelajaran dengan menggunakan teknologi belajar berbasis multi media b). Penyediaan
alat LCD untuk mendukung implementasi media pembelajaran
Luaran yang dihasilkan adalah: a). Meningkatnya ketrampilan para guru membuat materi
pembelajaran berbasis multi media. b). Tersedianya LCD untuk mendukung implementasi media
pembelajaran, c) Artikel ilmiah
Kata kunci : Taman kanak-kanak, Tata Kelola


Full Text:

PDF

References


Dinas pendidikan Prop Jateng, 2014…data sekunder.

Hurlock , Elisabeth B, 2000, Psikologi perkembangan suatu pendekatan sepanjang rentang

kehidupan, Erlangga.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.