PENGEMBANGAN MANAJEMEN PRODUKSI MELALUI PENERAPANTEKNOLOGI TEPAT GUNA BAGI UKM DECA SNACK

Sarana Sarana, Sugiarti Sugiarti, Boediono Boediono, Agus Suwondo, Afiat Sadida, Manarotul Fatati, Theresia Tyas Listyani, Edi Wijayanto, Sartono Sartono

Abstract


Perkembangan UKM DECA SNACK yang bergerak dalam produksi snack (kue-kue) sangat
menggembirakan. Permintaan dari pelanggan, yang merupakan pedagang-pedagang eceran snack dengan
pusat peredaran di Pasar Johar, terus meningkat. Produksi yang dilakukan saat ini yang secara penuh
menggunakan tenaga manusia sangat terbatas kemampuannya. Kebutuhan pengembangan produksi
terutama terkendala dengan penyiapan bahan mentah yang merupakan adonan terdiri dari tepung terigu,
mentega, telur, air dan beberpa ramuan penyedap rasa, membutuhkan tenaga manusia yang besar.
Kendala ini diatasi dengan peningkatan kemampuan produksi secara lebih efisien. Peningkatan
kemampuan dilaksanakan dengan penambahan alat bantu produksi berupa Mesin mixer/ pencampur
yang cukup besar (10 liter) sehingga kapasitas produksi meningkat. Selain itu dengan memperhatikan
jumlah sumberdaya manusia, manajemen produksi perlu dioptimalkan dengan mengadopsi teknik
optimalisasi sederhana, sehingga didapatkan tingkat keuntungan maksimal. Optimalisasi ini
diuntungkan dengan jumlah permintaan tinggi yang belum terpenuhi, sehingga faktor pembatas
permintaan dapat diabaikan. Pelaksanaan kegiatan didahului dengan pengadaan alat bantu produksi,
pelthan penggunaan alat bantu produksi, dan pelatihan manajemen operasi untuk optimalisasi proses.
Degan bantuan peralatan dan tambahan kemampuan produksi dan peningkatan efisiensi produksi
diharapkan akan secara signifikan meningkatkan omset, dan pada akhirnya keuntungan yang berdampak
kepada peningkatan kesejahteraan ekonomi UKM dapat tercapai.
Kata Kunci : Teknologi Tepat guna, Perencanaan Produksi, UKM, Produksi.


Full Text:

PDF

References


Ali Hasan. 2013. A Study On Material Requirement Planning System For Small Scale

Industries. Mechanica Confab. Vol. 2, No. 3, April-May 2013

Chang, H.H, Wang, Y.A., & Yang, W.Y. 2009. The Impact of E-service Quality,

Customer Satisfaction and Loyalty on E-marketing: Moderating Effect of

Perceived Value. Total Quality Management and BusinessExcellence, 20(4):

-435.

Ghozali, Imam. 2012. AnalisisMultivariate Dengan Program SPSS 20. Semarang:

Badan Penerbit Undip.

Kim K. 2014. Material Resource Planning (MRP): Will You Need MRP without the

Customer?.Open Journal of Social Sciences, 2, 256-261

Lupiyoadi, Rambat & Hamdani, A. 2009. Manajemen Pemasaran Jasa. Edisi 2.

Jakarta:Salemba Empat.

Qomaruddin, Mochammad; Sofiana, Nina; Susilo, Edi; dan Subadriyah. 2017.

Pengembangan Usaha Makanan Ringan Kue Jepit Desa Jambu Timur Sebagai

Upaya Peningkatan Ekonomi Rumah Tangga. Seminar nasional hasil

pengabdian kepada masyarakat (snhpkm)-vii. Lembaga Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat Universitas Pgri Semarang. isbn: 978-602-

-58-6

Uma Sekaran and Roger Bougie. 2009. Reaserch Methods for Business, a skill Building

Approach. John Ley & Sons Ltd. New York.

Zeithaml, V.A. dan Bitner, M.J. 1996. Services Marketing. McGraw-Hill Co. Inc.

Singapore.

Zulkarnaen, Halim Oky; Sutopo. 2013. Analisis Strategi Pemasaran Pada Usaha Kecil

Menengah (Ukm) Makanan Ringan ( Studi Penelitian Ukm Snack Barokah Di

Solo ).Diponegoro Journal Of Management Volume 2, Nomor 3, Tahun 2013,

Halaman 1. ISSN (Online): 2337-3792


Refbacks

  • There are currently no refbacks.