PENGARUH MUTU PEMBELAJARAN TERHADAP KEPUASAN MAHASISWA MELALUI KINERJA PEMBELAJARAN MATA KULIAH TEKNIK PENJUALAN

Winarto Winarto, Azizah Azizah, Isnaini Nurkhayati

Abstract


Kinerja Pembelajaran berperan signifikan terhadap kualitas aktivitas- aktivitas akademik perguruan
tinggi. Kinerja pembelajaran yang bagus berpengaruh terhadap kepuasan mahasiswa. Kinerja
pembelajaran dibentuk dari kualitas rencana pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran yang dilakukan
oleh dosen. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui bagaimana dosen mengelola proses pembelajaran
untuk meningkatkan kepuasaan mahasiswa. Daftar pertanyaan digunakan untuk mengumpulkan data dari
mahasiswa. Regresi linier digunakan untuk menganalisis data . Hasil penelitian menunjukkan bahwa
kualitas rencana pembelajaran dan pelaksanaan pembelajaran berpengaruh positif terhadap kinerja
pembelajaran. Kinerja pembelajaran berpengaruh positif terhadap kepuasan mahasiswa.
Kata kunci: proses pembelajaran, kinerja pembelajaran, kepuasan mahasiswa


Full Text:

PDF

References


Anshory. I dan Poerwanti, E.2012. Evaluasi Kompetensi mengajar Dosen oleh Mahasiswa

Sebagai Upaya Optimalisasi Proses Pembelajaran. Proceeding Seminar Nasional

Cakrawala Pembelajaran Berkualitas di Indonesia.

Barker, A. Tansu.. 1999 “Benchmarks of Successful Salesforce Performance”. Canadian Journal of

Administrative Sciences. 16 (2).

Ferdinand, A. 2004. Strategic Selling-in Management: Sebuah Pendekatan Pemodelan Strategi. BP

Universitas Diponegoro. Semarang.

Ford Neil. M. Orville. C. Walker. Gilbert .A. Churchill, Steven. W. Hartley. 1987. “Selecting

Successful Salespeople : A meta – Analysis of Biographical and Psychological Selection

Criteria” in Review of Marketing 1987. Michael. J. Houston, ed. Chicago. American

Marketing Association.

Ghozali, I. 2005. Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Semarang, BP. Undip.

Kotler, P. 1997. Markekting Management. 9th edition. Englewood Cliffs. NJ: Prentice-Hall.

Manning, G. L dan R. L. Barry. 2004. Selling Today Creating Customer Value. Prentice Hall. New

Jersey. USA.

Mutia, C; Harun, C, Z; dan Usman, N. 2016. Menejemen Pembelajaran Melalui Pendekatan

Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMA

Negeri 1 Mesjid Raya Aceh Besar. Jurnal Administrasi Pendidikan Pascasarjana Universitas

Syiah Kuala . Vol 4, no 1

Pujianto, P, E; Kustono, D; Elmunsyah, H. 2016. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pencapaian

Kompetensi Teknik Instalasi Fiber Optik di Lembaga Sertifikasi Profesi dan Dampaknya pada

kinerja Lulusan di Dunia Kerja. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Kejuruan Universitas

Negeri Malang. Malang.

Priatna, A. 2017. Hubungan Pengembangan Profesionalisme dan Kinerja Dosen Dalam Meningkatkan

Prestasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Peneltian Pendidikan UP. Vol 17 no:1.

Rentz, Joseph O., C. David Sheherd, Armen Tashchian, Pratibha A. Dabholkar dan Robert T. Ladd.

“A Measure of Selling Skill : Scale Development and Validation”. Journal of Personal

Selling & Sales Management. Volume XXII. Number 1. Winter. p. 13-21.

Tjiptono, F. 1996. Manajemen Jasa. Andi. Yogyakarta.

Walker. Orville,.C, Gilbert.A. Churchil, dan Neil. M. Ford. 1977. “Motivation and Performance in

Industrial Selling: Present Knowledge and Needed Research.” Journal of Marketing Research.

Volume 14. 158 – 168.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.