DESAIN ALAT BANTU PENCETAK ENGSEL PADA TOOLBOX UNTUK MENDUKUNG PROSES PRAKTIKUM LABORATORIUM PENGELASAN DAN FABRIKASI LOGAM

Daryadi Daryadi, Sunarto Sunarto, Hartono Hartono, Carli Carli, Riles M Watimena

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian implementasi dalam pembuatan alat bantu produksi yang digunakan untuk mendukung praktikum laboratorium Pengelasan dan Fabrikasi Logam. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat alat bantu produksi yang mampu menghasilkan produk engsel pada toolbox secara masal sesuai ukuran dan kualitas yang sama dengan memanfaatkan sarana dan prasarana mesin frais, mesin bubut, maupun mesin gerinda yang ada di laboratorium pemesinan. Mesin press tool memberi banyak kemungkinan kepada kita untuk membuat pekerjaan yang sangat rumit, sehingga keberadaanya sangat penting sekali. Metode yang digunakan dalam penelitian ini dimulai dari studi pustaka, studi lapangan, perancangan alat, pembuatan komponen, perakitan, dan pengujian alat. Hasil penelitian ini adalah suatu rancang bangun alat bantu pencetak engsel toolbox yang dapat digunakan pada mesin press tool yang ada di laboratorium Pengelasan dan Fabrikasi Logam.
Peralatan tersebut menggunakan sistem simple press tool yang mempunyai dimensi 425 x 405 x 17 mm dengan kemampuan pemotongan material pelat ST 37 ketebalan 0,8 mm.

Kata Kunci: “press tool”, “engsel tool box”


Full Text:

PDF

References


Buku Panduan Special Steel BOHLER

Donaldson, Lecain, Goold. 1983. Tool Design. New Delhi : Tata McGraw – Hill Publising Company, Ltd.

Khurmi, R.S. 2005. Machine Design. New Delhi : Eurasia Publising House, Ltd.

Sato, G Takesi and N. Sugiharto. 1996. Menggambar Teknik Menurut

Standart ISO. Pradny Paramita, Jakarta.

Sularso & Suga. 2002. Elemen Mesin. Jakarta : PT. Pradny Paramita.

Wilson, Frank W. 1984. Fundamental Of Tool Design. New Delhi : Prentice – Hall Of India Private Limited.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.