Pendampingan Penyusunan Modul Ajar Ekonomi Akuntansi Perusahaan Jasa di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur
DOI:
https://doi.org/10.32497/sitechmas.v6i1.6102Keywords:
Pengabdian masyarakat, Modul ajar, Ekonomi, AkuntansiAbstract
Kurikulum di Indonesia saat ini menerapkan kurikulum merdeka. Kurikulum ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan memberikan kesempatan kepada masing-masing sekolah untuk secara mandiri melaksanakan pembelajaran sesuai dengan kebutuhan siswanya. Kurikulum merdeka memerlukan sarana dan prasarana, termasuk modul pengajaran yang baik. Salah satu sekolah yang mengadopsi kurikulum ini adalah Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Permasalahan bagi mitra adalah para guru yang mengajar di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur belum mampu memanfaatkan modul pengajaran secara optimal. Hal ini masih terlihat pada pelaksanaan pembelajaran yang mengacu pada buku teks. Di sisi lain, guru kurang mengoptimalkan pembelajaran sesuai dengan karakteristik siswanya. Kegiatan dilakukan dengan metode deskriptif, dengan peserta guru di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur. Materi yang diberikan berupa penyusunan modul ajar. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta lebih memahami struktur modul pendidikan. Hal ini dapat dilihat dari skor pre-test ke post-test yang signifikan sehingga mencapai skor post-test sebesar 92,63. Peningkatan jumlah skor tersebut menunjukkan bahwa melalui materi pelatihan, metode dan pelaksanaannya, peserta mampu menambah pengetahuan dan keterampilan yang dibutuhkan untuk menyusun modul ajar pada mata pelajaran Ekonomi Akuntansi Perusahaan Jasa.
References
U. Usman et al., “Pemahaman Salah Satu Guru Di Man 2 Tangerang Mengenai Sistem Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Kurikulum Merdeka,” Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, vol. 5, no. 1. 2022.
“Sumarsih, I., Marliyani, T., Hadiyansah, Y., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Analisis implementasi kurikulum merdeka di sekolah penggerak sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 6(5), 8248-8258..pdf.” .
S. Usanto, “Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar dalam Meningkatkan Pemahaman Siswa,” Cakrawala Repos. IMWI, vol. 5, no. 2, p. 495, 2022.
E. L. F. Ahsani, S. N. E. Lusiana, U. Mardliyah, H. N. Humaidah, and R. N. Safaah, “Analisis Pembelajaran di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) dalam Upaya Mengembangkan Minat dan Bakat Siswa di Era New Normal,” Jurnal Kependidikan, vol. 8, no. 1. pp. 108–120, 2020.
S. Setyani, F. Zuliyana, R. Rofitrasari, N. Amelia, and E. L. F. Ahsani, “Analisis Sistem Pendidikan Di Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) : Perspektif Guru,” Jurnal PGSD: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 14, no. 1. pp. 70–79, 2021.
M. E. C. Lanos et al., “Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi Pada Guru SMAN 1 SS III Dan SMA YP Yaqli Oku Timur,” Wahana Dedik. J. PkM Ilmu Kependidikan, vol. 6, no. 1, pp. 228–232, 2023.
Kadek Adi Wibawa, I Made Legawa, I Made Wena, Ida Bagus Seloka, and Anak Agung Rai Laksmi, “Meningkatkan Pemahaman Guru Tentang Kurikulum Merdeka Belajar Melalui Direct Interactive Workshop,” Jurnal Cakrawala Ilmiah, vol. 2, no. 2. pp. 489–496, 2022.
P. Partono, U. Fitriyani, R. Alawiyah, A. I. Maghfiroh, and I. Darojah, “Strategi Pembelajaran Sekolah Indonesia Kuala Lumpur (SIKL) di Era New Normal,” TERAMPIL: Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Dasar, vol. 8, no. 1. pp. 75–82, 2021.
“Sudjana, N. dan Rivai, A. 2003. Teknologi Pengajaran. Bandung Sinar Baru Algensindo.pdf.” .
E. Nadeak, F. Elfaladonna, and M. Malahayati, “Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Interaktif Bagi Guru dengan Menggunakan Canva (Studi Kasus: SDN 204 Palembang),” J. Masy. Madani Indones., vol. 2, no. 3, pp. 201–206, 2023.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Jurnal Hilirisasi Technology kepada Masyarakat (SITECHMAS)

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.