Konsep pariwisata berkelanjutan mulai banyak digunakan guna mendukung perkembangan perekonomian di daerah yang memiliki potensi wisata, salah satunya dengan cara menawarkan pemandangan yang indah ,yang kelak mendatangkan manfaat ekonomi bagi warga desa Branjang Kec Ungaran Barat Kab Semarang. Desa Branjang berada diperbatasan Ungaran dan Kendal, memiliki banyak potensi wisata alam, seperti curuk, tebing, sawah, dan edukasi gula aren. Permasalahan yang ditemukan adalah adanya potensi wisata yang belum dikembangkan dengan maksimal. Keterbatasan modal, belum dikembangkan sebagai lokasi wisata yang marketable. Keterbatasan pengetahuan pemuda pemudi Desa Branjang dalam mengeksploitasi dan promosi Desa Wisata Branjang Kec Ungaran Barat, Kab Semarang. Metode pelaksanaan pengabdian masyarakat adalah: persiapan pengenalan program, pelaksanaa pelatihan, dan evaluasi. Berikutnya pelatihan teknik edit video treaser bagi pemula, pelatihan jurnalistik digital bagi pemuda pemudi untuk pembuatan konten video promosi sederhana dengan menggunakan gadget. Beserta praktek dan pendampingan upload video promosi desa wisata via youtube dan sosial media. Hasil kegiatan menunjukkan, bahwa : Pemuda pemudi desa mampu membuat dan mengedit video promosi desa wisata. Pemuda pemudi mampu menguasai jurnalistik digital untuk pembuatan konten video promosi desa wisata. Desa Wisata Desa Branjang Kec Ungaran Barat, Kab Semarang menjadi dikenal masyarakat luas dan dikunjungi secara luas. Pemasukan nilai ekonomi semakin meningkat dan meningkatkan pendapatan desa.
Keywords
Potensi wisata; desa wisata; jurnalistik digital; promosi wisata