PEMBERDAYAAN PENGRAJIN BATIK “PAGUYUBAN UKM WANITA BERKARYA” DI DESA PILANG MASARAN SRAGEN MELALUI DIGITALISASI MARKETING

Moh Danang Bahtiar, Rediyanto Putra, Paramitha Nerisafitra, Suci Rohayati

Abstract


Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini dilakukan untuk membantu menyelesaikan masalah terbesar yang dihadapi oleh Paguyuban UKM Wanita Berkarya yaitu mengenai pemasaran produk. Sebagian besar anggota UKM tersebut masih melakukan pemasaran produknya secara tradisional yaitu dengan menjual secara langsung di toko – toko atau outlet sehingga produk mereka kurang dikenal oleh pasar secara luas. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan solusi sebagai berikut: 1) Melakukan pelatihan strategi marketing dengan menggunakan platform digital sebagai upaya mengoptimalkan penjualan hasil produksi batik, 2) Mengembangkan media website sebagai market place produk batik. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri (1) survey lapangan (mitra); (2) Koordinasi dengan ketua dan pengurus paguyuban; (3) Sosialisasi program; (4) Pelaksanaan program; dan (5) Evaluasi kegiatan dan penyusunan laporan kegiatan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini telah terlaksana dengan baik dan lancar baik. Hasil evaluasi kegiatan melalui angket kepuasan peserta menunjukkan bahwa seluruh memberikan respon yang positif terhadap kegiatan ini karena memberikan manfaat dalam meningkatkan kemampuan untuk menggunakan platform digital marketing menggunakan Toko Online Batik Wanita Berkarya yang telah dikembangkan oleh tim PkM sebagai media promosi dan penjualan produk batik yang dihasilkan.

Keywords


Gender Equility Digital Marketing Usaha Kecil Menengah (UKM)

Full Text:

PDF

References


Hajli, Nick. (2014). A Study of the impact of Social media on Consumers. International Journal of Market Research, 56(3), 387-404. Doi: 10.2501/IJMR-2014-025

Husna, A. N., Zahra, A. A., Rosyidi, M. I., Qomariyah, L., Kurniaty, Y., Muhammad Eka Purbaya, F. A. A., Perdana, A. I., Triaji, A., Romadlon, F., Yuhenita, N. N., Kurniati, A., Alifah, A. N., Farenanda Kusuma Wardani, H., Akhmad Liana Amrul Haq, M. N., Febriyanti, Febrianti, I. D., Faizah, R., Salsabila, S., Puspitasari, E. D., … Muflikhah, R. S. (2021). Memberdayakan Masyarakat Digital.

Maiti, & Bidinger. (1981). “Model Pembelajaran Probing-Prompting”. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Rakhman, M. L., & Trihantoyo, S. (2020). Meningkatkan Keterserapan Lulusan Program Keahlian Multimedia Di Smk Negeri 12 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan Volume, 08(03), 199–212.

Suhartini, S., Sudianto, A., Gunawan, I., Permana, B. A. C., Ahmadi, H., Fathurrahman, I.,& Nurhidayati, N. (2021). Pembinaan kewirausahaan berbasis teknologi untuk mengembangkan jiwa Technopreneurship. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 1-7.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/sitechmas.v5i1.5103

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats