PEMBERDAYAAN PENGRAJIN BATIK “PAGUYUBAN UKM WANITA BERKARYA” DI DESA PILANG MASARAN SRAGEN MELALUI DIGITALISASI MARKETING
DOI:
https://doi.org/10.32497/sitechmas.v5i1.5103Keywords:
Gender Equility Digital Marketing Usaha Kecil Menengah (UKM)Abstract
Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini dilakukan untuk membantu menyelesaikan masalah terbesar yang dihadapi oleh Paguyuban UKM Wanita Berkarya yaitu mengenai pemasaran produk. Sebagian besar anggota UKM tersebut masih melakukan pemasaran produknya secara tradisional yaitu dengan menjual secara langsung di toko ”“ toko atau outlet sehingga produk mereka kurang dikenal oleh pasar secara luas. Oleh karena itu, kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini memberikan solusi sebagai berikut: 1) Melakukan pelatihan strategi marketing dengan menggunakan platform digital sebagai upaya mengoptimalkan penjualan hasil produksi batik, 2) Mengembangkan media website sebagai market place produk batik. Metode pelaksanaan kegiatan terdiri (1) survey lapangan (mitra); (2) Koordinasi dengan ketua dan pengurus paguyuban; (3) Sosialisasi program; (4) Pelaksanaan program; dan (5) Evaluasi kegiatan dan penyusunan laporan kegiatan. Kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat (PkM) ini telah terlaksana dengan baik dan lancar baik. Hasil evaluasi kegiatan melalui angket kepuasan peserta menunjukkan bahwa seluruh memberikan respon yang positif terhadap kegiatan ini karena memberikan manfaat dalam meningkatkan kemampuan untuk menggunakan platform digital marketing menggunakan Toko Online Batik Wanita Berkarya yang telah dikembangkan oleh tim PkM sebagai media promosi dan penjualan produk batik yang dihasilkan.References
Hajli, Nick. (2014). A Study of the impact of Social media on Consumers. International Journal of Market Research, 56(3), 387-404. Doi: 10.2501/IJMR-2014-025
Husna, A. N., Zahra, A. A., Rosyidi, M. I., Qomariyah, L., Kurniaty, Y., Muhammad Eka Purbaya, F. A. A., Perdana, A. I., Triaji, A., Romadlon, F., Yuhenita, N. N., Kurniati, A., Alifah, A. N., Farenanda Kusuma Wardani, H., Akhmad Liana Amrul Haq, M. N., Febriyanti, Febrianti, I. D., Faizah, R., Salsabila, S., Puspitasari, E. D., ”¦ Muflikhah, R. S. (2021). Memberdayakan Masyarakat Digital.
Maiti, & Bidinger. (1981). “Model Pembelajaran Probing-Prompting”. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689”“1699.
Rakhman, M. L., & Trihantoyo, S. (2020). Meningkatkan Keterserapan Lulusan Program Keahlian Multimedia Di Smk Negeri 12 Surabaya. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan Volume, 08(03), 199”“212.
Suhartini, S., Sudianto, A., Gunawan, I., Permana, B. A. C., Ahmadi, H., Fathurrahman, I.,& Nurhidayati, N. (2021). Pembinaan kewirausahaan berbasis teknologi untuk mengembangkan jiwa Technopreneurship. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 1-7.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.