PENINGKATAN KOMPETENSI KEWIRAUSAHAAN BISNIS ONLINE PADA SISWA SMK 2 SALATIGA

Roselina Rahmawati, Supriyadi Supriyadi, Leily Fatmawati, Herry Ludiro W, Tjokro Hadi, Danang Isnubroto, Stefanus Santosa, Karnawan Joko, Sri Wahyuningsih S

Abstract


Pandemi Covid-19 di dunia menyebabkan penurunan perekonomian nasional bahkan dunia. Mengakibatkan bertambahnya jumlah pengangguran dikarenakan PHK secara masal terjadi sel

ama pandemi Covid-19. Usaha Mikro kecil menengah (UMKM) juga terkena dampak penurunan penjualan karena pandemi Covid-19 dikarenakan perubahan perilaku konsumen. Konsumen yang awalnya melakukan transaksi secara langsung, dikarenakan pandemi Covid-19 berubah menjadi melakukan transaksi secara online.

Struktur Kurikulum 2013 SMA/SMK memuat mata pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan yang memberikan pemahaman dasar tentang kemampuan berwirausaha kepada peserta didik. Melalui pembelajaran Prakarya dan Kewirausahaan peserta didik dapat mempelajari teori dan nilai-nilai kewirausahaan yang dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata melalui praktik, baik yang terintegrasi dalam mata pelajaran maupun yang dilaksanakan diluar mata pelajaran atau kegiatan ekstrakurikuler.

Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Salatiga adalah salah satu mantan sekolah RSBI (Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional) yang berada di kota Salatiga. SMK Negeri 2 Salatiga termasuk dalam kelompok Teknologi & Industri, berlokasi di Jl.Parikesit, Sidomukti, Salatiga, Jawa Tengah, Indonesia. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini untuk mendukung misi SMK 2 Salatiga yakni menyiapkan tamatan mampu menerapkan jiwa kewirausahaan. Dengan hadirnya kegiatan PKM ini juga untuk menumbuhkan semangat berwirausaha siswa dengan menggunakan transaksi online.


Keywords


UKM, Kewirausahaan, Bisnis online, Pemuda

Full Text:

PDF

References


Anggraini, yanti, Mutia, R., Hadiyana, R., & Subali, D. (2021). Pendampingan Kewirausahaan Berbasis Digital Dan Penggunaan Bahasa Inggris Untuk Pelaku Usaha Pemul. BEMAS: JURNAL BERMASYARAKAT, 2, 35–42

Bahri. (2019). Pengantar Kewirausahaan. CV. Penerbit Qiara Media

D. Wijayanto, Pengantar Manajemen, Gramedia Pustaka Utama, 2012.

Gunawan, A. (2020). Pelatihan Digital Entrepreneurship Mewujudkan Generasi Milenial Berjiwa Wirausaha Di Sekolah SMA Desa Karangasih Cikarang. Jurnal Abdimas Kartika Wijayakusuma, 1(1), 38–45. https://doi.org/10.26874/jakw.v1i1.11

Fitria, T. N. (2017). Bisnis jual beli online (online shop) dalam Hukum Islam dan Hukum Negara. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 3(01), 52–62. https://doi.org/10.29040/jiei.v3i01.99.

Khamimah, W. (2021). Peran Kewirausahaan Dalam Memajukan Perekonomian Indonesia. Jurnal Disrupsi Bisnis, 4, 228–240. https://doi.org/10.32493.

Mirza, A. D. (2019). Milenial cerdas finansial. CV Jejak (Jejak Publisher)

Mulyadi, H., Waspada, I., Ramdhany, M., & Lubis, A. (2022). Mengembangakan Digital Preneur Dikalangan Pengurus dan Anggota Karang Taruna Indonesia Melalui Pelatihan Kewirausahaan Berbasis Digital dan Literasi Keuangan. JURNAL PASCA DHARMA PENGABDIAN MASYARAKAT, 3, 84–88.

Nugraha, M., Armawati, Jusriadi, & Rasyid, A. (2022). Penguatan Kewirausahaan Berbasis Digital pada Mahasiswa Tingkat Akhir di PSDKU UNTAD Morowali. Jurnal Pengabdian Masyarakat Bidang Sosial Dan Humaniora, 1, 351–356. https://doi.org/10.55123/abdisoshum.v1i3.945.

Setiawan, H. C. B. (2020). Redesign Bisnis Pasca Pandemi Covid-19: Prespektif UMKM, BUMDes & Usaha Ekonomi Pesantren. Mukmin Publishing




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/sitechmas.v5i1.5015

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats