Workshop Penggunaan Media Pembelajaran Virtual Laboratory PhET Education di SMK Muhammadiyah Susukan Kab. Semarang

Laily Muntasiroh, Radiktyo Nindyo Sumarno, Hendriansyah Hendriansyah, Fitriyani Fitriyani

Abstract


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang dilaksanakan oleh Universitas Muhammadiyah Semarang di SMK Muhammadiyah Susukan Kabupaten Semarang bertujuan untuk mensosialisasikan penggunaan media pembelajaran PhET Virtual Lab materi rangkaian listrik kepada guru SMK Muhammadiyah Susukan. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi di era digital ini telah membawa perubahan yang signifikan dalam perkembangan dunia pendidikan. Pemanfaatan perkembangan teknologi dalam pembelajaran, khususnya dalam materi rangkaian listrik yang terdapat pada mata pelajaran fisika. Metode yang dilakukan adalah ceramah berbasis praktikum offline, diskusi dan umpan balik. Hasil dari pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu untuk memberikan pemahaman dan penjelasan tentang cara menggunkan praktikum virtual dengan PhET Simulation. Selanjutnya para guru mendapatkan materi tentang cara menggunakan praktikum virtual dengan PhET simulation dan buku panduan mengenai penggunaannya. Tindak lanjut abdimas ini adalah peserta membuat lembar kerja praktikum secara mandiri

Keywords


pengabdian masyarakat, lab virtual PhET, rangkaian listrik, simulasi virtual

Full Text:

PDF

References


Ariani, Niken., & Haryanto,D. (2010). Pembelajaran Multimedia di Sekolah. pedoman pembelajaran inspiratif, konstruktif dan prospektif. Jakarta: Prestasi Pustakraya.

Astuti, I. A. D., & Handayani, S. (2018). Penggunaan Virtual Laboratory berbasis PhET Simulation Untuk Menentukan Konstanta Wien. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 9(2). Bhakti, Y. B., & Napis, N. (2018). The Development Of Guided Inqury Work Sheet For Student With Physics Interactive Simulation. Jurnal Pendidikan Fisika, 7(2), 124-130

Colquitt, J.A., J. Lepine, M.J. Wesson. (2011). Organizational Behavior, New York: McGraw-Hill.

Finkelstein, et.al. (2005). “When Learning About the Real World is Better Done Virtually: A Studi of Substitutung Computer Simulations for Laboratory Equipment”. Physics Education Research. APS (1) 1-8.

Ghifar, R., Yusuf, A. E., Sumardi, S., & Wulandari, F. (2019). Peningkatan Kreativitas Guru melalui Pengembangan Supervisi Kepala Sekolah dan Iklim Organisasi. Jurnal Manajemen Pendidikan, 7(2), 790-799. Marpaung, R. R., Aziz, N. R. N., & Purwanti, P. (2021). Analisis Nilai Sudut Deviasi pada Prisma Menggunakan Software Crocodile Physics 605. Schrodinger: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika, 2(1), 1-7.

Mulyasa. (2008), Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya

Purwanti, P., & Saraswati, D. L. (2020). Analisis Nilai Kecepatan Tangki Riak dengan Laboratorium Virtual PhET dan Riil di Laboratorium Fisika. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(4), 321-327

Purwanti, P., & Saraswati, D. L. (2020). Analisis Nilai Kecepatan Tangki Riak dengan Laboratorium Virtual PhET dan Riil di Laboratorium Fisika. Jurnal Penelitian Pendidikan Fisika, 5(4), 321-327

Saputra, H, D. (2017). Model Pembelajaran Quantum Learning Berbantuan Simulasi Phet untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Siswa Kelas X SMA Kebon Dalem Semarang. (Skripsi, Universitas Negeri Semarang).




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/sitechmas.v4i2.4959

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats