IMPLEMENTASI DIGITAL MARKETING SEBAGAI SARANA PEMASARAN PENGRAJIN BATIK DI BOJONEGORO
Rediyanto Putra, Paramitha Nerisafitra, Asroful Abidin, Syekha Nur Sabaha
Abstract
Perkembangan usaha pengrajin batik saat ini sudah sangat banyak mengalami peningkatan yang sangat pesat. Salah satu Kabupaten di Indonesia yang memiliki ciri khas dalam industri batik adalah Kabupaten Bojonegoro Provinsi Jawa Timur. Pada motif batik dari Kabupaten Bojonegoro ini memiliki ciri khas yaitu bermotifkan pari sumilak atau yang bermakna motif padi yang menguning atau siap panen. Salah satu usaha kerajinan batik tulis yang ada di Kabupaten Bojonegoro adalah Batik tulis Sesa yang terletak di Dusun.kajangan RT.16/RW.04 Desa Jono, Kecamatan Temayang, Kabupaten Bojonegoro, Provinsi Jawa Timur. Tujuan dari dilakukannya kegiatan pengabdian ini adalah untuk membantu menyelesaikan permasalahan mitra dan juga meningkatkan kualitas kegiatan tri dharma perguruan tinggi sehingga mampu meningkatkan kualitas capaian pelaksanaan MBKM dan IKU perguruan tinggi. Pengabdian ini telah menghasilkan luaran berupa media pemasaran digital seperti akun instagram, akun tiktok, akun YouTube, akun shoopee, dan e-katalog. Hasil pengabdian juga menunjukkan bahwa kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini diterima dengan baik oleh mitra usaha batik Sesa Bojonegoro dan mengharapkan untuk adanya kegiatan pengabdian yang sejenis secara rutin untuk setiap tahunnya.
Keywords
Batik;Bojonegoro;Digital Marketing; IKU Perguruan Tinggi
Dullah. Batik, Pengaruh Zaman dan Lingkungan. Solo: Danar Hadi; 2002.
Indonesia KPR. No Title [Internet]. 2019 [cited 2023 Apr 4]. Available from: https://kemenperin.go.id/artikel/20462/Kemenperin-Targetkan-Ekspor-Tenun-dan-Batik-Sentuh-USD-58,6-Juta
Kompasiana. Visualisasi Potensi Bojonegoro dalam Selembar Batik Jonegoroan [Internet]. 2019 [cited 2023 Apr 5]. Available from: https://www.kompasiana.com/nprih/5d936efb097f3619b80544a2/visualisasi-potensi-bojonegoro-dalam-selembar-batik-jonegoroan