PELATIHAN PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ICT MENGGUNAKAN LECTORA INSPIRE BAGI GURU MGMP AKUNTANSI PROVINSI JAWA TIMUR
DOI:
https://doi.org/10.32497/sitechmas.v4i2.4697Keywords:
Media Pembelajaran Lectora Inspire Akuntansi Sekolah Menengah Kejuruan (SMK)Abstract
Abad revolusi industri 4.0 guru dituntut harus memahami ICT (Information and Communcation Technologies) dan mengembangkannya, guru harus mampu menyusun bahan ajar dan sumber belajar yang lebih inovatif, kreatif, dan menarik bagi siswa agar ketika proses belajar mengajar berlangsung siswa mudah menerima materi ajar yang disampaikan oleh guru.Permasalahan yang muncul pada mitrayaituguru-guru yang tergabung dalam MGMP Akuntansi Provinsi Jawa Timur sebagian besar bahan ajar dan media pembelajaran yang digunakan selama ini masih belum memaksimalkan penggunaan teknologi oleh sebab itutujuan kegiatan PKM ini untuk memberikan pelatihan kepada untuk mengembangkan media Pembelajaran Berbasis ICT menggunakan lectora inspire sehingga diharapkan mampu meningkatkan kualitas pembelajaran. Tahapan prosedur dalam kegiatan ini meliputi analisis awal, koordinasi dengan tim, proses persiapan, proses pelaksanaan kegiatan, evaluasi dan pembuatan laporan kegiatan. Kegiatan pelatihanini dilaksanakan secara daring dan luring mulai tanggal 11-14 Juli 2022dan diikuti oleh seluruh Guru MGMP Akuntansi SMK se Jawa Timur. Seluruh peserta sangat antusias dalam mengikuti kegiatan tersebut mulai awal hingga akhir serta memberikan respon yang positif terhadap kegiatan yang dilakukan baik dalam materi pelatihan yang diberikan, penyampaian materinya serta kebermanfaatan pelatihan yang diberikan semuanya mendapatkan respon yang positif dari para peserta.References
Anwariningsih, Huning Sri. (2014). Kesiapan Penggunaan ICT pada Sekolah Dasar di Daerah Rural dalam Perubahan Paradigma Pembelajaran. Seminar Nasional dan Call For Papers UNIBA.
Bambang Warsita. (2008). Teknologi Pembelajaran Landasan dan Aplikasinya. Jakarta: PT Rineka Cipta
Elena, Railena. (2013). An Overview of Textbooks as Open Educational Resources. International Journal of Komputer Science Research and Application, 03, 68-73.
Fauzi, L. M., Supiyati, S., & Rasidi, A. (2020). Workshop Distance Learning Di Masa Pandemic Covid 19. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 1(1), 16”“21. https://doi.org/10.29408/ab.v1i1.2405.
Mas”™ud, Muhammad. (2014). Membuat Multimedia Pembelajaran dengan Lectora. Yogyakarta: Pustaka Shonif.
Mayer, Richard. (2009). Multimedia Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Munir. 2010.Kurikulum Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Bandung: Alfabeta
Rumidjan, Sumanto, Sukamti, & Sugiharti. 2017. Pelatihan pembuatan media pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran bagi guru sekolah dasar. Abdimas Pedagogi, 1(1), 77-81.
Sanjaya, Wina. (2010). Perencanaan dan desain sistem pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Shalikhah, Norma Dewi. (2016). Pemanfaatan Aplikasi Lectora Inspire sebagai Media Pembelajaran Interaktif. Jurnal CAKRAWALA, Vol. XI, No. 1, Juni 2016.
Shalikhah, Norma Dewi, et al. (2017). Media Pembelajaran Interaktif Lectora Inspire sebagai Inovasi Pembelajaran. Jurnal WARTA LPM, Vol. 20, No. 1, Maret 2017: 9-16, p ISSN: 1410-9344, e ISSN: 2549-5631.
Sriyanti, I., Murniati, M. M., & Yusuf, M. (2015). Pelatihan pembuatan media pembelajaran berbasis e-learning bagi guru SMA Srijaya Negara Palembang. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika, 2(1), 12-18.
Surjono, Herman Dwi. (2010). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi dalam peningkatan kualitas pembelajaran. Makalah. Disajikan dalam seminar MGMP Terpadu SMP/MTs Kota Magelang.
Suradijono, S. H. R. (2004). Pembelajaran berbasis web: Suatu tinjauan dari aspek kognitif. In Lokakarya Metode Pembelajaran Berbasis Web. Departemen Teknik Penerbangan ITB, Bandung, October 1, 2004.
Sutarna, Nana dan Lutfi, Ahmad Fajri. (2019). Media Pembelajaran untuk SD menggunakan Lectora Inspire. Cirebon: Nusa Litera Inspirasi
Suhartini, S., Sudianto, A., Gunawan, I., Permana, B. A. C., Ahmadi, H., Fathurrahman, I.,& Nurhidayati, N. (2021). Pembinaan kewirausahaan berbasis teknologi untuk mengembangkan jiwa Technopreneurship. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 1-7.
Syamsuri, S., & Nindiasari, H. (2021). Penguatan Konsep Matematis Bagi Guru Matematika Melalui Pelatihan Software Scilab Secara Daring. ABSYARA: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat, 2(1), 8”“14. https://doi.org/10.29408/ab.v2i1.3190.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.