Rancang Bangun Katalog Kerajinan Kawat Ulir untuk Meningkatkan Omzet Penjualan pada UKM Opal Interior Accessories

Jumi Jumi, Tedjo Mulyono, Paryono Paryono, Achmad Zaenuddin, Nur Hayati

Abstract


UKM OPAL Interior Accessories merupakan pengrajin yang bergerak dalam bidang handycraft yang berlokasi di Desa Pajeksan, Juwana. UKM tersebut khusus memproduksi untuk interior accessories dengan bahan utama kawat ulir dikombinasikan dengan bahan-bahan ramah lingkungan seperti enceng gondok, batang isang, rumput pandanwangi, pasir halus, kerang dan limbah gergajian. Produk interior accessories yang diproduksi meliputi berbagai model kap lampu, replika binatang, replika perabot rumah tangga seperti kendi, cangkir, gelas, tempat tissue, pigura, baki, replika buah-buahan, vas bunga dan menerima pesanan berbagai model interior accessories dengan desain costumer sendiri. Permasalahan yang dihadapi UKM mitra yaitu keterbatasan area pemasaran karena belum memiliki media penjualan on-line. Hal tersebut mengakibatkan produk yang diproduksi tidak mampu mencapai pembeli sesuai target pasar. Solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut yaitu dengan membuat rancang bangun katalog produk secara digital yang memanfaatkan website sebagai media informasi dan update informasi produk yang baru diproduksi. Target dari pogram PKM ini adalah Jumlah produk handycraft interior accessories meningkat lebih dari 10%, omzet penjualan meningkat 10%, mengaplikasikan web untuk memperluas jangkauan pemasaran, menghasilkan prosiding dan Artikel  pada  jurnal ilmiah.

Keywords


Interior; Handycraft; Kawat; Ulir; UKM

Full Text:

PDF

References


Departemen Perdagangan RI. (2008). Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025. Jakarta: Kelompok Kerja Indonesia Design Power.

BPS (2018), “Pati dalam Angka” . Maret 2018 Jam : 08.00 wib.

Akomea-Bonsu, C., & Sampong, F. (2012). The impact of information and communication technologies (ICT) on small and medium scale enterprises (SMEs) in the Kumasi Metropolis, Ghana, West Africa. European Journal of Business and Management, 4(20), 152–158.

Muhardono, A. (2018). Rancang Bangun Aplikasi E-Commerce Saing Usaha Pada Umkm ( Studi Kasus di HF Batik Putra Wiradesa ). SURYA INFORMATIKA, 5(1), 17–23.

Rahmawati, F., Maulana, P., Rahmah, S. A., Amalia, D. U., & Sunarto (2021). Pilar-Pilar Yang Mempengaruhi Perkembangan Ekonomi Kreatif Di Indonesia. Economic Education And Entrepreneurship Journal, 4(2), 159–164.

Hakim, F. N., & Solechan, A. (2017). Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online Pada Ukm Industri Monel Desa Kriyan Jepara. Jurnal Informatika Upgris, 3(1).

Jumi, J., Zaenuddin, A., Poerbo, S., Mulyono, T. (2022). Rancang Bangun Katalog Produk dan Market Place pada Usaha Konveksi Dalam Upaya Meningkatkan Omzet Penjualan di Jepara, Propinsi Jawa Tengah, SITECHMAS: Jurnal Hilirisasi Technology Pengabdian Masyarakat. 3(1), 53–58.




DOI: http://dx.doi.org/10.32497/sitechmas.v3i2.3993

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats