Pengelolaan Manajemen Usaha pada Kelompok Pengrajin Batik Sekar Cantrik Temanggung
DOI:
https://doi.org/10.32497/sitechmas.v3i1.3608Keywords:
Sekar Cantrik, batik, pemasaran online, harga pokok produkAbstract
Tujuan dari program pengabdian masyarakat ini adalah membuat perhitungan harga pokok produk batik , dan laporan laba rugi, serta dapat meningkatkan kualitas produk kain batik cap. Permasalahan yang dihadapi mitra adalah belum mampu menghitung harga pokok produk, dan laporan laba rugi, serta kualitas batik cap masih rendah. Dari permasalahan tersebut solusi yang diberikan adalah praktek menghitung harga pokok produk batik, dan laporan laba rugi, serta penambahan peralatan batik cap yang memenuhi standar. Metode pendekatan yang digunakan adalah praktek menghitung harga pokok produksi dan laba rugi, praktek menggunakan peralatan batik cap, pendampingan usaha dan monitoring. Hasil kegiatan ini adalah dokumen perhitungan harga pokok produksi, dokumen laba rugi dan kain batik cap. Kesimpulan dari kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peningkatan kemampuan mitra dalam mengelola usaha, dan menghitung harga pokok produk batik. Saran diberikan untuk pengembangan dan program pengabdian lanjutan adalah peningkatan mitra pengabdian dari UKM atau Kelompok Usaha Bersama menjadi Industri Kecil Menengah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
The copyright of the received article shall be assigned to the journal as the publisher of the journal. The intended copyright includes the right to publish the article in various forms (including reprints). The journal maintains the publishing rights to the published articles.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.